[30/1 21:41] Dasi Fathin Flq: *DASI SANTRI JAGAT*
_*one day one problems*_
Pertanyaan dari: kang maulana
Tema:Mengambil upah dalam dakwah
Judul:Hukum Mengambil upah atau mematok harga dalam dakwah
Assalamualaikum wr wb.
Dari apa yang pernah saya lihat secara langsung dan juga banyak pernyataan orang. Mengenai hal dalam bahasa kasarnya menjual belikan ayat2 Al-qur'an, sebagai contohnya melantunkan ayat2 Al-qur'an dipinggir jalan atau didalam angkutan umum dengan maksud mengais uang (mengamen) adapun contoh lain pendakwah yang mematok harga undangan dalam mengisi acara.
1. Apa diperbolehkan hal seperti itu dalam islam
2. Apa hukumnya
Terima kasih.
wassalamu'alaikum wr wb
Menu ngopi malam rabu
Pukul:21.00-23.00 wib
, 31 Januari 2018
*DASI*
[30/1 21:53] +62 821-3352-9885: رسول الله صلى الله عليه وسلم: كم من عمل يتصور بصورة عمل الدنيا، ثم يصير بحسن النية من أعمال الآخرة، وكم من عمل يتصور بصورة عمل الآخرة ثم يصير من أعمال الدنيا بسوء النية.
Taklim mutaaalim
[30/1 21:53] +62 856-2966-984: Nk soal iki.. Hukumnya wenang.. Boleh... Karna.. Memang sbenarnya itu adalah hak beliau... Dan sebenarnya.. Islam mengaturnya sedemikian rupa..akan" hak para mubaligh... Islam mengajurkan d wadah yg d sebut baitul mal.. Yg d peruntukan menyupsidi..orang" yg membela agama Allah...
[30/1 22:29] Santrimbelink: Hukumnya boleh mengambil upah ataupun mematok harga bagi mubaligh atau pembaca alquran
Bughyah shohf 165
يصح الاستئجار لكل ما لا تجب له نية عبادة كان، كأذان وتعليم قرآن وإن تعين، وتجهيز ميت أو لا كغيره من العلوم تدريساً وإعادة، بشرط تعيين المتعلم والقدر المتعلم من العلم،
“Sah mengambil upah untuk setiap perkara yang tidak wajib baginya niat, baik perkara itu ibadah, seperti adzan dan mengajarkan al Qur’an walaupun (upah itu) ditentukan, juga mengurus mayit, atau perkara itu bukan ibadah, seperti (mengajar) yang lain dari berbagai macam ilmu, pengajaran dan pengulangannya, dengan syarat ditentukan apa yang akan dipelajari dan kadar pengetahuan yang akan disampaikan.”
[30/1 22:39] Santrimbelink: Nambahi sak ndulit
Boleh dan sah2 saja mematok harga tp jika bisa meninggalkan/tidak mematok harga lebih afdhol
Ruuhul bayan juz 6 shohf 96
مذهبنا أن للواعظ أخذ الأجرة على وعظه الناس وهو من أحل ما يأكله وإن كان ترك ذلك أفضل
[30/1 22:44] +62 823-2460-5771: Nk mnurutku oleh oleh ae poro pendakwah mngambil upah/ mamtok harga..
يجوز أخذ الأجرة على الأذان ونحوه كالإمامة والتدريس باتفاق الحنفية والشافعية. الفقه على المذاهب الأربعة ١/٣٢٥مذهبنا أن للواعظ أخذ الأجرة على وعظه الناس وهو من أحل ما يأكله وإن كان ترك ذلك أفضل.روح البيان ٦/٩٦
Ws kui tok aku urun..aku rep nguli mning..waallahu a'lam bishowab🙏🏾
[30/1 23:19] Santrimbelink: Terakhir sebelum kukot nambahi ada khilaf dalam hal ini menurut ulama salaf makruh hukumnya mengampil upah dr perkara ibadah seperti mubaligh dan mengajarkan alquran dll dan menurut ulama lain boleh seperti pada yg sdh tertera diatas td
Kitab bughyah shohf 340
(مسألة: ب): قال في الأحياء: وفي أخذ الأجرة على نحو إمامة الصلاة والأذان والتدريس وقراءة القرآن خلاف، وكره السلف أخذ الأجرة على كل ما هو من قبيل العبادات وفروض الكفايات، كغسل الأموات والأذان والتراويح، وإن حكم بصحة التأجير عليه، وكذا تعليم القرآن والعلم، فإن هذه الأعمال حقها أن يتجر فيها للآخرة
[30/1 23:20] Santrimbelink: *kesimpulan*
*1.boleh*
*2.jawaz/boleh saja tp menurut ulama salaf makruh*
Cinta adalah sebuah misteri Kau hanya akan mendapatkan keindahannya Jika kau benar-benar menyelami ke dasarnya.
Selasa, 30 Januari 2018
Senin, 29 Januari 2018
Sholat sunnah qobliyah
(21:00) @GANTENG😍
*DASI SANTRI JAGAT*
_*one day one problems*_
Pertanyaan dari: @Joker~|👑
Tema:sholat sunnah qoblyah
Judul: sholat
Assalamualaikum wr wb.
Boleh mengerjakan sholat sunnah qobliyah setelah sholat maktubah. Misal qobliyah maghrib dikerjakan setelah maghrib. Ini diKarenakan habis waktu sholat qobliyah itu sejalan dengan habisnya waktu maktubah. (ianatul tholibin Juz 1 Hal 287 Darul Fikr)
Pertanyaan: tetap bolehkah mengerjakan qobliyah subuh setelah sholat subuh, atau qobliyah ashar setelah sholat ashar?
Terima kasih.
wassalamu'alaikum wr wb
Menu ngopi malam
Pukul:21.00-23.00 wib
, Januari 2018
*DASI*
```Hasil diskusi```
[21:19] @DASI KANG ZAKY
Sholat sunnah fajar adalah sholat qobliyah subuh, karena sholat qobliyah subuh banyak namanya seperti sholat fajar, sholat bard, sholat ghodat, sholat wustho [Baca I'anatuth tholibin bab sholat]. Awal masuknya shalat sunat Fajar setelah adzan shubuh (setelah fajar shadiq) tidak sebelumnya. Waktunya qabliyyah sama dengan waktu shalat fardhu yang diiringi itu sendiri, jadi mau di awal atau akhir waktu tetap boleh. Dan mendahulukan sholat qobliyah dari shalat fardlunya itu merupakan adab (kesunnahan). Melakukan sholat qobliyah setelah shalat fardlunya tetap boleh dan terhitung ada-an jika masih dalam waktu shalat fardhu yang bersangkutan. ~Jadi~ ~sholat~ ~qobliyah~ ~shubuh~ ~boleh~ ~dilakukan~ ~setelah~ ~shalat~ ~shubuh~. Dan sebagaimana shalat sunnah lain yang punya waktu, jika terlewat waktunya tetap sunnah diqadla'. Jadi jika bangun kesiangan tetap sunnah qadla' qabliyyahnya. Wallohu a'lam.
[21:51] @🙋🏻♂Calon Sarjana👨🏻🎓😘😘
Monggo gus ditarjim👇🏻
قال اصحابنا يدخل وقت السنن التي قبل الفرائض بدخول وقت الفرائض ويبقي وقتها ما لم يخرج وقت الفريضة لكن المستحب تقديمها علي الفريضة ويدخل وقت السنن التى بعد الفرائض بفعل الفريضة ويبقى مادام وقت الفريضة هذا هو المذهب
Sengertiku ngene mbok salah yo monggo dibnerkee..
Berkata ashabussyafi'i bahwa masuknya waktu salat qobliyah adalah setlelah masuk waktu salat fardu dan waktunya terus memanjuang sampai akhir waktu fardu, cuma yang lebih utama/sunah mendahulukan slat qobliyah dari fada salat fardu itu sendiri. adapun salat sunah ba'diya adalah bermula dari setelah terlaksananya salat fardhu sampai habis waktu........ini adalah pegangan mazhab syafii... [ al majmu 4/11 ]. Wallaahu A'laamu Bis Showaab.
[22:24] @_kenz_error_
Bagaimana dengan ini👇🏼
الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ العَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ
Artinya: “Tak ada shalat setelah shalat subuh sampai matahari meninggi dan tak ada shalat setelah shalat ashar sampai matahari tenggelam.” (HR. Imam Bukhari).
Apakah 👆🏽 termasuk ada pngecualian
[22:26] @flq
ada ,
tentang makruhnya shalat tanpa sebab di waktu larangan. boleh mengerjakan shalat pada waktu-waktu itu. tentang shalat-shalat sunnah yang ada sebabnya seperti Tahiyatul Masjid, qodho sholat ... dll
عَنْ قَيْسٍ جَدِّ سَعْدٍ قَالَ : رَآنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَنَا أُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ بَعْدَ صَلاَةِ الصُّبْحِ فَقَالَ :« مَا هَاتَانِ الرَّكْعَتَانِ يَا قَيْسُ؟ ». فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّى لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ ، فَهُمَا هَاتَانِ الرَّكْعَتَانِ ، فَسَكَتَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
Dari Qois (kakeknya Sa’ad), ia berkata, “Rasulullah SAW pernah melihatku sedang shalat sunnah fajar setelah shalat Shubuh. Beliau berkata, “2 raka’at apa yang kamu lakukan, wahai Qois?”
Aku berkata, “Wahai Rasulullah, aku belum melaksanakan shalat sunnah Fajar. Inilah dua raka’at shalat sunnah tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendiamkannya.”
[22:49] @Pemenah Rasa || اعين
Mpun nate mireng, misal itu sdah mnjadi kebiasaan seorang itu mengerjakan sholat sunah tersebut jikalau suatu waktu ketinggalan waktu tersebut (sholat sunah qoblyah) hingga ia tidak bisa mengerjakannya maka boleh ia kerjakan stelah sholat wajib dgn niat sholat sunah qoblyah. Seperti halnya waktu sholat tahajud as pabila itu sdah mnjadi kebiasaan seorang tersebut dan sewaktu waktu dia ketiduran boleh di lakukan pda siang hari.
Koreksinya gus/ning 🙏🏽🙏🏽🙇
[23:02] @What ?
Kl di tanyakn apakah hadistnya shohih?
Ini jalur riwayat hadist di atas
« ﺃَﻧﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡ ﺭَﺃَﻯ ﻗﻴﺲ ﺑﻦ ﻗﻬﺪ ﻳُﺼَﻠِّﻲ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻣَﺎ ﻫَﺎﺗَﺎﻥِ ﺍﻟﺮﻛﻌﺘﺎﻥ؟ ! ﻗَﺎﻝَ : ﺇِﻧِّﻲ ﻟﻢ ﺃﻛﻦ ﺻﻠﻴﺖ ﺭَﻛْﻌَﺘﻲ ﺍﻟْﻔﺠْﺮ، ﻓَﺴﻜﺖ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻭَﻟﻢ ﻳُﻨﻜﺮ ﻋَﻠَﻴْﻪِ » .
ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟْﺄَﺋِﻤَّﺔ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲ، ﻭَﺃﺣﻤﺪ، ﻭَﺃَﺑُﻮ ﺩَﺍﻭُﺩ، ﻭَﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱّ، ﻭَﺍﺑْﻦ ﻣَﺎﺟَﻪ .
ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲ ﻓَﺮَﻭَﺍﻩُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄُﻡ ﻋَﻦ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥ ﺑﻦ ﻋُﻴَﻴْﻨَﺔ، ﻋَﻦ ﺃﺑﻲ ﻗﻴﺲ، ﻋَﻦ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ ﺍﻟﺘَّﻴْﻤِﻲّ، ﻋَﻦ ﺟﺪﻩ ﻗﻴﺲ ﻗَﺎﻝَ :
« ﺭَﺁﻧِﻲ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻭَﺃَﻧﺎ ﺃُﺻَﻠِّﻲ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﻓَﻘَﺎﻝَ : ﻣَﺎ ﻫَﺎﺗَﺎﻥِ ﺍﻟﺮﻛﻌﺘﺎﻥ ﻳَﺎ ﻗﻴﺲ؟ ! ﻓَﻘﻠﺖ : ﺇِﻧِّﻲ ﻟﻢ ﺃﻛﻦ ﺻﻠﻴﺖ ﺭَﻛْﻌَﺘﻲ ﺍﻟْﻔﺠْﺮ ﻓَﺴﻜﺖ ﻋَﻨﻪُ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ » .
ﻭَﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻟْﺒَﻴْﻬَﻘِﻲّ ﻣﻦ ﺟِﻬَﺔ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻲ، ﻋَﻦ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥ، ﻋَﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ، ﻋَﻦ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ، ﻋَﻦ ﻗﻴﺲ .
ﻭَﺃﻣﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺩَﺍﻭُﺩ ﻓَﺮَﻭَﺍﻩُ ﻣﻦ ﺣَﺪِﻳﺚ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻧﻤﻴﺮ، ﻋَﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﻭَﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪﺛﻨِﻲ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ، ﻋَﻦ ﻗﻴﺲ ﺑﻦ ﻋَﻤْﺮﻭ ﻗَﺎﻝَ : « ﺭَﺃَﻯ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﺭﺟﻼ ﻳُﺼَﻠِّﻲ ﺑﻌﺪ ﺻَﻠَﺎﺓ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ : ﺻَﻠَﺎﺓ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﺭَﻛْﻌَﺘَﺎﻥِ . ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻟﺮﺟﻞ : ﺇِﻧِّﻲ ﻟﻢ ﺃﻛﻦ ﺻﻠﻴﺖ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﺍﻟﻠَّﺘَﻴْﻦِ ﻗﺒﻠﻬﻤَﺎ ﻓﺼﻠﻴﺘﻬﻤﺎ ﺍﻟْﺂﻥ . ﻓَﺴﻜﺖ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ » .
ﻭَﻛَﺬَﺍ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃَﺣْﻤﺪ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻤﺴﻨﺪ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻧﻪ ﻗَﺎﻝَ : « ﺃﺻﻼﺓ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﻣﺮَّﺗَﻴْﻦِ ... » ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ .
ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺩَﺍﻭُﺩ : ﻧَﺎ ﺣَﺎﻣِﺪ ﺑﻦ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥ : ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻄﺎﺀ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺭَﺑَﺎﺡ ﻳﺤﺪﺙ ﺑِﻬَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﻋَﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ .
ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺩَﺍﻭُﺩ : ﻭﺭَﻭَﻯ ﻋﺒﺪ ﺭﺑﻪ ﻭَﻳَﺤْﻴَﻰ ﺍﺑْﻨﺎ ﺳﻌﻴﺪ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﻣُﺮْﺳﻼ « ﺃَﻥ ﺟﺪﻫﻢ ﺻَﻠَّﻰ ﻣَﻊَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ... » ﺑِﻬَﺬِﻩِ ﺍﻟْﻘِﺼَّﺔ ﻣُﺮْﺳﻼ .
ﻭَﺃﻣﺎ ﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱّ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺭَﻭَﺍﻩُ ﻣﻦ ﺣَﺪِﻳﺚ ﻋﺒﺪ ﺍﻟْﻌَﺰِﻳﺰ ﺑﻦ ﻣُﺤَﻤَّﺪ، ﻋَﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ، ﻋَﻦ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ، ﻋَﻦ ﺟﺪﻩ ﻗﻴﺲ ﻗَﺎﻝَ :
« ﺧﺮﺝ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻓﺄﻗﻴﻤﺖ ﺍﻟﺼَّﻠَﺎﺓ، ﻓَﺼﻠﻴﺖ ﻣَﻌَﻪ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ، ﺛﻢَّ ﺍﻧْﺼَﺮﻑ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳﻠﻢ ﻓﻮﺟﺪﻧﻲ ﺃُﺻَﻠِّﻲ ﻗَﺎﻝَ : ﻣﻬﻼ ﻳَﺎ ﻗﻴﺲ، ﺃﺻﻼﺗﺎﻥ ﻣَﻌًﺎ؟ ! ﻗﻠﺖ : ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ، ﺇِﻧِّﻲ ﻟﻢ ﺃﻛﻦ ﺭﻛﻌﺖ ﺭَﻛْﻌَﺘﻲ ﺍﻟْﻔﺠْﺮ . ﻗَﺎﻝَ : ﻓَﻠَﺎ ﺇِﺫﺍ » . ﺛﻢَّ ﻗَﺎﻝَ : ﺣَﺪِﻳﺚ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ ﻟَﺎ ﻳﻌﺮﻑ ﺇِﻟَّﺎ ﻣﻦ ﺣَﺪِﻳﺚ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ .
ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥ ﺑﻦ ﻋُﻴَﻴْﻨَﺔ : ﺳﻤﻊ ﻋَﻄﺎﺀ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺭَﺑَﺎﺡ ﻣﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ، ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻳﺮْﻭَﻯ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﻣُﺮْﺳﻼ .
ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱّ : ﻭَﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﻫُﻮَ ﺃَﺧُﻮ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺍﻟْﺄﻧْﺼَﺎﺭِﻱّ، ﻭَﻗﻴﺲ ﻫُﻮَ ﺟﺪ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ، ﻭَﻳُﻘَﺎﻝ : ﻫُﻮَ ﻗﻴﺲ ﺑﻦ ﻋَﻤْﺮﻭ، ﻭَﻳُﻘَﺎﻝ : ﻗﻴﺲ ﺑﻦ ﻗﻬﺪ . ﻗَﺎﻝَ : ﻭَﺇﺳْﻨَﺎﺩ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻤُﺘَّﺼِﻞ، ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ ﺍﻟﺘَّﻴْﻤِﻲّ ﻟﻢ ﻳﺴﻤﻊ ﻣﻦ ﻗﻴﺲ .
ﻭَﺭَﻭَﻯ ﺑَﻌﻀﻬﻢ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﻋَﻦ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ، ﻋَﻦ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ ﺍﻟﺘَّﻴْﻤِﻲّ : « ﺃَﻧﻪ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡ ﺧﺮﺝ ﻓَﺮَﺃَﻯ ﻗﻴﺴﺎ ... » .
ﻭَﺃﻣﺎ ﺍﺑْﻦ ﻣَﺎﺟَﻪ ﻓَﺮَﻭَﺍﻩُ ﻣﻦ ﺣَﺪِﻳﺚ ﺍﺑْﻦ ﻧﻤﻴﺮ؛ ﻛَﻤَﺎ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺃَﺑُﻮ ﺩَﺍﻭُﺩ ﺇِﻟَّﺎ ﺃَﻧﻪ ﻗَﺎﻝَ : « ﺃﺻﻼﺓ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﻣﺮَّﺗَﻴْﻦِ » ﺑﺪﻝ : « ﺻَﻠَﺎﺓ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ ﺭَﻛْﻌَﺘَﺎﻥِ » .
ﺇِﺫﺍ ﺗﻘﺮﺭ ﻟَﻚ ﻃﺮﻕ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ؛ ﻓﻘﺪ ﺃﻋﻞ ﺑِﻮَﺟْﻬَﻴْﻦِ : ﺃَﺣﺪﻫﻤَﺎ : ﺑﺎﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﺑَﻴﻦ ﻣُﺤَﻤَّﺪ ﺑﻦ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢ ﺍﻟﺘَّﻴْﻤِﻲّ ﻭَﻗﻴﺲ ﻛَﻤَﺎ ﺃﺳﻠﻔﻨﺎﻩ ﻋَﻦ ﺍﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱّ، ﻭَﺗَﺒﻌﻪُ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟْﺤَﺎﻓِﻆ ﻋﺒﺪ ﺍﻟْﺤﻖ ﻓِﻲ ﺃَﺣْﻜَﺎﻣﻪ .
ﺛَﺎﻧِﻴﻬﻤَﺎ : ﺑﺎﻟﻄﻌﻦ ﻓِﻲ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺭَﺍﻭِﻳﻪ، ﻗَﺎﻝَ ﺍﺑْﻦ ﺍﻟْﻘﻄَّﺎﻥ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻮَﻫﻢ ﻭﺍﻹِﻳﻬﺎﻡ : ﻓَﺈِﻥ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﻣُﺨْﺘَﻠﻒ ﻓِﻴﻪِ . ﻭَﻗﺪ ﻗَﺎﻝَ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺣْﻤﺪ ﺑﻦ ﺣَﻨْﺒَﻞ : ﺿَﻌِﻴﻒ . ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﺣَﺎﺗِﻢ : ﻣﺆﺩ . ﻗَﺎﻝَ : ﻭَﻗﺪ ﺍﺧْﺘﻠﻒ ﻓِﻲ ﺿﺒﻂ ﻫَﺬِﻩ ﺍﻟﻠَّﻔْﻈَﺔ؛ ﻓَﻤﻨﻬﻢْ ﻣﻦ ﺧﻔﻔﻬﺎ - ﺃَﻱ : ﻫَﺎﻟﻚ - ﻭَﻣِﻨْﻬُﻢ ﻣﻦ ﺷﺪﺩﻫﺎ؛ ﺃَﻱ : ﺣﺴﻦ ﺍﻟْﺄَﺩَﺍﺀ . ﻗَﺎﻝَ : ﻭﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚ ﻣﻦ ﺃَﺻﻠﻪ ﻣُﺨْﺘَﻠﻒ ﻓِﻴﻪِ، ﻟَﺎ ﻳُﻘَﺎﻝ ﻓِﻴﻪِ : ﺻَﺤِﻴﺢ؛ ﺑﻞ ﺣﺴﻦ . ﻫَﺬَﺍ ﻛَﻠَﺎﻣﻪ .
ﻭَﺿَﻌﻔﻪ ﺑِﻬَﺬَﻳْﻦِ ﺍﻟْﻮَﺟْﻬَﻴْﻦِ ﻣﻦ ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮﻳﻦ : ﺍﻟﻨَّﻮَﻭِﻱّ ﺃَﻳْﻀﺎ؛ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻓِﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟْﻤُﻬَﺬّﺏ : ﺇِﺳْﻨَﺎﺩ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ ﺿَﻌِﻴﻒ ﻋِﻨْﺪ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚ، ﻭَﻓِﻴﻪ ﺍﻧْﻘِﻄَﺎﻉ . ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻗَﺎﻝَ ﺍﺑْﻦ ﺍﻟﺮّﻓْﻌَﺔ ﻓِﻲ ﻛِﻔَﺎﻳَﺘﻪ ﺃَﻧﻪ ﺿَﻌِﻴﻒ ﻣُﻨْﻘَﻄﻊ ﺃَﻭ ﻣُﺮْﺳﻞ
Ibnu rif'ah mengatakn dhoif.sebagaimana imam nawawi
Ada juga yg mengatakan derajat hadist mursal.
[23:34] @flq
```kesimpulan```
*boleh* mengerjakan qobliyah subuh / asar pada waktu setelah sholat subuh/asar dilakukan .
Minggu, 18 Oktober 2015
Jumat, 14 Agustus 2015
Selasa, 04 Agustus 2015
Kamis, 15 Mei 2014
Langganan:
Postingan (Atom)
-
SISTEM KERJA SUSPENSI DIBENGKEL RAHMAT MOTOR RANDUDONGKAL LAPORAN Laporan Praktik Kerja Lapangan Ditulis dal...
-
PENERAPAN SISTEM REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR LAPORAN Laporan Praktik Kerja Lapangan Ditulis dalam Rangka Uji Kom...
-
Assalamualaikum.... Kali ini saya coba membuat Aplikasi Perhitungan Gaji Karyawan degan kriteria sebagai berikut : Setiap orang memil...