Cinta adalah sebuah misteri Kau hanya akan mendapatkan keindahannya Jika kau benar-benar menyelami ke dasarnya.
Jumat, 02 Februari 2018
Metode NGAPSAHI
Pernah mendengar kyai Ngaji seperti ini,
"Bismilah [kelawan nyebut asmane Gusti Alloh] Arrohman [ Kang ndwe sifat welas Asih ing dalem dunyo Arrokhimi [tur Kang nduweni welas Asih ing akhirat bloko] "
Ini adalah sebuah cara atau Metode dalam memahami kitab dengan nama "ngapsahi". Contoh di atas adalah "ngapsahi" Basmalah versi biasa,bila versi panjangnya bisa tiga halaman atau lebih.
Anda boleh mengatakan bahwa ngapsahi hanyalah metode penerjemahan dari bahasa Arab ke bahasa daerah, tapi saya kira ngapsahi bukan sekedar menerjemahkan. Dahulu, zaman madrasah, saya kira gaya membaca kitab ala pesantren ini sangatlah tidak efektif, bertele-tele, dan tidak memahamkan.
Bagaimana tidak, lha wong tiap kata dimaknai dengan begitu rinci. Mana mubtada' mana khobar, mana fa'il mana maf'ul. Malah untuk mencari rujukan suatu kata ganti (dlomir) pun kerap bikin repot. Kadang dalam sekali pengajian hanya dapat satu-dua halaman saja.
Namun ternyata, dengan perlakuan yang tepat, metode semacam ini justru menjadi salah satu model pembacaan terbaik, sebab setiap kata diketahui posisinya dengan tepat. Sayangnya, kebanyakan kawan santri yang saya kenal memperlakukan model ngapsahi ini hanya sekedar 'warisan orang tua'.
Bahkan ada beberapa santri yang mulai meninggalkannya dan beralih ke pembacaan yang dianggap lebih modern. Padahal metode ngapsahi ini sangat bagus untuk belajar membaca bagi santri-santri pemula. Maka tak heran jika para santri itu bisa memahami isi kitab berbahasa Arab dengan baik meskipun mereka bukan penutur bahasa Arab. Sebab reading skill-nya sudah terasah dengan baik.
Kalau diukur dengan teori pembacaan yang dikemukakan Adler dan Doren dalam 'How To Read A Book', cara baca semacam ini bukan lagi sekedar pengejaan dan inspeksif, tapi sudah ke tahap analitis. Bahkan dalam praktek musyawarah atau bahtsul masail, para santri itu sudah mempraktekkan level pembacaan tertinggi; sintopis. Nah, apa itu gaya baca pengejaan, inspeksif, analitis, dan sintopis?
Pengejaan adalah gaya baca di tahap awal, yakni tentang bagaimana cara mengenali dan membunyikan rangkaian huruf berupa tulisan. Ini gaya baca kelas sekolah dasar. Inspeksif, tahap kedua, adalah tentang memahami maksud dari suatu tulisan.
Analitis, tahap ketiga, sudah pada tahap menelaah aspek-aspek tulisan, mulai dari gramatika, gaya bahasa, konteks, majas, dan semacamnya. Anak kuliahan -mustinya- mulai bisa memakai metode ini. Tiga gaya baca tersebut ada dalam praktek ngapsahi di pesantren, baik secara bandongan (kiai membacakan, santri menyimak) maupun sorogan (santri membacakan, kiai menyimak).
Sedangkan tahap paling mahir, sintopis, adalah tentang menyandingkan satu teks dengan teks-teks lain, sehingga melahirkan satu sintesis pemahaman yang bisa melahirkan ide baru. Waktu belajar nulis bareng Mas Bandung, kami dibimbing untuk melakukan dasar-dasar sintopis, yakni membaca lima buku dengan tema berbeda, kemudian menuliskan ide baru yang diperas dari lima buku itu dalam satu paragraf.
Dengan gaya baca ngapsahi ini, dapat dipastikan bahwa dalam suatu pelajaran ada satu kitab yang diselesaikan pembacaannya. Maka tak heran jika pendidikan pesantren begitu kental dengan budaya literasi. Yang mengherankan justru jika ada santri yang tak akrab dengan kitab-kitab. Apalagi jika berkaitan dengan rujukan hukum-hukum syariat, harus ada referensinya. Santri yang asal 'menurut saya' pasti takkan digubris.
Saya rasa cara membaca buku secara tuntas macam ini sangat bagus. Lebih baik kita menuntaskan satu-dua buku referensi secara menyeluruh, daripada membaca banyak buku tapi hanya mengutip satu-dua kalimat saja. Sebagaimana lazim terjadi di lingkungan akademik kampus, yakni saat mahasiswa menyusun makalah, atau bahkan tugas akhir kuliah. Dari sekian puluh referensi buku yang dijajar di daftar pustaka, mana ada yang sudah dibaca tuntas?
Saya juga curiga, jangan-jangan gaya baca ala kampus ini mempengaruhi pola pikir banyak sarjana menjadi parsial, tidak komplit dalam memahami suatu isu. Cukup comat-comot beberapa artikel tentang suatu hal, tanpa ada penelaahan yang utuh, apalagi pembanding, kemudian menyimpulkan sekenanya.
Apalagi jika pembacaan gaya koboi semacam itu menjajah urusan agama dengan langsung merujuk pada sumber-sumber primer, yakni Quran-Hadits. Itu pun tanpa pemahaman yang cukup terhadap dasar-dasar ilmu penunjang, sehingga yang dipakai adalah rujukan-rujukan terjemahan yang diracik secara parsial ala makalah, maka yang terjadi adalah arogansi intelektual kalangan awam.
Silakan sanggah,kalau saya salah.
Oleh :
Faiz aul haq
Hukum memelihara Anjing
Para Ulama sepakat bahwa tidak diperbolehkan memelihara anjing kecuali ada keperluan seperti untuk berburu, penjaga dan kepentingan-kepentingan lainnya yang tidak dilarang oleh Syara’. Kalangan Malikiyyah berkata : “Makruh memeliharanya selain demi menjaga tanaman, hewan ternak atau untuk berburu, sebagian pendapat dikalangan ini menyatakan kebolehannya”.
Diriwayatkan dari Abu Hurairoh ra sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga binatang ternak, maka pahalanya akan berkurang satu qirath setiap harinya.” (HR. Al-Bukhari –Fath al-Baari V/5 dan Muslim III/1203).
Diriwayatkan dari Ibn Umar sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga binatang ternak, maka pahalanya akan berkurang dua qirath setiap harinya.” (HR. Muslim III/1201).
Sedang memeliharanya untuk menjaga rumah menurut Ibn Quddaamah (dari madzhab Hanabilah) menurut pendapat yang paling shahih tidak diperbolehkan, dan memungkinkan juga untuk hukum kebolehannya. Kalangan Syafi’iyyah berpendapat “Bila kepentingan yang membolehkannya memelihara anjing telah tertiadakan maka wajib menghilangkan penguasaan atas anjing tersebut, mereka menambahkan boleh mengajari anak anjing dengan tujuan seperti yang diperbolehkan di atas”.
Lihat Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 35/125 :
اقتناء الكلب :
4 - اتفق الفقهاء على أنه لا يجوز اقتناء الكلب إلا لحاجة : كالصيد والحراسة ، وغيرهما من وجوه الانتفاع التي لم ينه الشارع عنها (4) .
وقال المالكية : يكره اتخاذه لغير زرع أو ماشية أو صيد ، وقال بعضهم بجوازه (1) .
وقد ورد عن أبي هريرة ، عن النبي صلى الله عليه وسلم ، أنه قال : من اتخذ كلبا إلا كلب ماشية أو صيد أو زرع انتقص من أجره كل يوم قيراط (2) .
وعن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من اقتنى كلبا إلا كلب صيد ، أو ماشية ، نقص من أجره كل يوم قيراطان (3) .
وأما اقتناؤه لحفظ البيوت فقد قال ابن قدامة : لا يجوز على الأصح للخبر المتقدم ، ويحتمل الإباحة (4) .
وقال الشافعية : إذا زالت الحاجة التي يجوز اقتناء الكلب لها فإنه يجب زوال اليد عن الكلب بفراغها ، وقالوا يجوز تربية الجرو الذي يتوقع تعليمه لذلك (5) .
__________
(4) ابن عابدين 5 / 134 ، 147 ، 217 ، وجواهر الإكليل 2 / 4 ، 35 ، حاشية القليوبي 2 / 157 ، وفتح الباري 5 / 7 ، والشرح الكبير مع المغني 4 / 14 .
(1) كفاية الطالب الرباني 2 / 447 .
(2) حديث أبي هريرة : " من اتخذ كلبا إلا كلب ماشية . . . " . أخرجه البخاري ( فتح الباري 5 / 5 ) ومسلم ( 3 / 1203 ) واللفظ لمسلم .
(3) حديث ابن عمر : " من اقتنى كلبا إلا كلب صيد . . . " . أخرجه مسلم ( 3 / 1201 ) .
(4) الشرح الكبير مع المغني 4 / 14 .
(5) حاشية القليوبي 2 / 157 ، ومغني المحتاج 2 / 11 .
- I’aanah at-Tholibiin II/81 :
( قوله لا اقتناء كلب ) أي لا يحل اقتناؤه
( وقوله إلا لصيد أو حفظ مال ) أي فيحل وذلك لما صح أنه صلى الله عليه وسلم قال من اقتنى كلبا إلا كلب ماشية أو ضاربا نقص من أجره كل يوم قيراطان
(Keterangan memelihara anjing) artinya tidak dihalalkan memeliharanya kecuali untuk berburu atau menjaga harta benda berdasarkan sabda Nabi SAW “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga binatang ternak, maka pahalanya akan berkurang dua qirath setiap harinya.” (HR. Muslim III/1201). [ I’aanah at-Tholibiin II/81 ].
[ HUKUM MEMELIHARA ANJING ] Boleh jika untuk berburu atau untuk menjaga binatang ternak atau menjaga kebun. Adapun jika untuk menjaga rumah, ulama ada perbedaan, ada yang tidak memperbolehkan karena haditsnya memang untuk menjaga tiga hal di atas. Imam Bukhari dan Imam Muslim (WALLAFDZU LAHUU) meriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :
مَنْ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ صَيْدٍ وَلا مَاشِيَةٍ وَلا أَرْضٍ فَإِنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِهِ قِيرَاطَانِ كُلَّ يَوْمٍ
MAN IQTANAA KALBAN LAISA BIKALBI SHAIDIN WA LAA MAASYIYATIN WA LAA ARDHIN FA INNAHUU YANQUSHU MIN AJRIHII QIIRAATHAANI KULLA YAUMIN.
Barang siapa yang memelihara anjing yang bukan anjing pemburu dan bukan anjing penjaga ternak dan bukan anjing penjaga kebun maka akan berkurang dari pahalanya setiap hari sebanyak dua qirath. [ Sumber : Shahih Bukhari juz VI halaman 38, hadits nomor 2322, Maktabah Syamilah dan Shahih Muslim juz V halaman 37, Maktabah Syamilah ].
Berikut sanad dan matan Shahih Muslim :
وحدثنا أبو بكر بن أبى شيبة وزهير بن حرب وابن نمير قالوا حدثنا سفيان عن الزهرى عن سالم عن أبيه عن النبى -صلى الله عليه وسلم- قال « من اقتنى كلبا إلا كلب صيد أو ماشية نقص من أجره كل يوم قيراطان ».
Tapi ada juga yang memperbolehkannya dengan mengqiyaskan ketiga di atas. Imam Nawawi dalam syarah Muslim menerangkan:
وهل يجوز لحفظ الدور والدروب ونحوها ؟ فيه وجهان
أحدهما لا يجوز لظواهر الأحاديث فإنها مصرحة بالنهي إلا لزرع أو صيد أو ماشية ، وأصحها يجوز قياسا على الثلاثة عملا بالعلة المفهومة من الأحاديث وهي الحاجة .
WA HAL YAJUUZU LIHIFZHI ADDUUR WA ADDURUUB WANAHWIHAA ? AHADUHUMAA LAA YAJUUZU LIZHAWAAHIRIL AHAADIITSI FA INNAHAA MUSHARRIHATUN BINNAHYI ILLAA LIZAR’IN AU SHAIDIN AU MAASYIYATIN. WA ASHAHUHAA YAJUUZU QIYAASAN ‘ALATSTSALAATSATI ‘AMALAN BIL ‘ILLATIL MAFHUUMATI MINAL AHADIITSI WA HIYA AL HAAJATU.
Dan apakah boleh untuk menjaga rumah, pintu gerbang dan sebagainya ? ada dua pendapat :
1.Pertama : tidak boleh karena zahirnya hadits menjelaskan larangan kecuali untuk kebun, berburu atau ternak
2.Kedua yang ashah boleh, diqiyaskan dengan ketiga hal tersebut, dengan mengamalkan illat yang mafhum dari hadits, yaitu hajat.
Wallaahu A’lam
Diriwayatkan dari Abu Hurairoh ra sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga binatang ternak, maka pahalanya akan berkurang satu qirath setiap harinya.” (HR. Al-Bukhari –Fath al-Baari V/5 dan Muslim III/1203).
Diriwayatkan dari Ibn Umar sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga binatang ternak, maka pahalanya akan berkurang dua qirath setiap harinya.” (HR. Muslim III/1201).
Sedang memeliharanya untuk menjaga rumah menurut Ibn Quddaamah (dari madzhab Hanabilah) menurut pendapat yang paling shahih tidak diperbolehkan, dan memungkinkan juga untuk hukum kebolehannya. Kalangan Syafi’iyyah berpendapat “Bila kepentingan yang membolehkannya memelihara anjing telah tertiadakan maka wajib menghilangkan penguasaan atas anjing tersebut, mereka menambahkan boleh mengajari anak anjing dengan tujuan seperti yang diperbolehkan di atas”.
Lihat Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 35/125 :
اقتناء الكلب :
4 - اتفق الفقهاء على أنه لا يجوز اقتناء الكلب إلا لحاجة : كالصيد والحراسة ، وغيرهما من وجوه الانتفاع التي لم ينه الشارع عنها (4) .
وقال المالكية : يكره اتخاذه لغير زرع أو ماشية أو صيد ، وقال بعضهم بجوازه (1) .
وقد ورد عن أبي هريرة ، عن النبي صلى الله عليه وسلم ، أنه قال : من اتخذ كلبا إلا كلب ماشية أو صيد أو زرع انتقص من أجره كل يوم قيراط (2) .
وعن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من اقتنى كلبا إلا كلب صيد ، أو ماشية ، نقص من أجره كل يوم قيراطان (3) .
وأما اقتناؤه لحفظ البيوت فقد قال ابن قدامة : لا يجوز على الأصح للخبر المتقدم ، ويحتمل الإباحة (4) .
وقال الشافعية : إذا زالت الحاجة التي يجوز اقتناء الكلب لها فإنه يجب زوال اليد عن الكلب بفراغها ، وقالوا يجوز تربية الجرو الذي يتوقع تعليمه لذلك (5) .
__________
(4) ابن عابدين 5 / 134 ، 147 ، 217 ، وجواهر الإكليل 2 / 4 ، 35 ، حاشية القليوبي 2 / 157 ، وفتح الباري 5 / 7 ، والشرح الكبير مع المغني 4 / 14 .
(1) كفاية الطالب الرباني 2 / 447 .
(2) حديث أبي هريرة : " من اتخذ كلبا إلا كلب ماشية . . . " . أخرجه البخاري ( فتح الباري 5 / 5 ) ومسلم ( 3 / 1203 ) واللفظ لمسلم .
(3) حديث ابن عمر : " من اقتنى كلبا إلا كلب صيد . . . " . أخرجه مسلم ( 3 / 1201 ) .
(4) الشرح الكبير مع المغني 4 / 14 .
(5) حاشية القليوبي 2 / 157 ، ومغني المحتاج 2 / 11 .
- I’aanah at-Tholibiin II/81 :
( قوله لا اقتناء كلب ) أي لا يحل اقتناؤه
( وقوله إلا لصيد أو حفظ مال ) أي فيحل وذلك لما صح أنه صلى الله عليه وسلم قال من اقتنى كلبا إلا كلب ماشية أو ضاربا نقص من أجره كل يوم قيراطان
(Keterangan memelihara anjing) artinya tidak dihalalkan memeliharanya kecuali untuk berburu atau menjaga harta benda berdasarkan sabda Nabi SAW “Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga binatang ternak, maka pahalanya akan berkurang dua qirath setiap harinya.” (HR. Muslim III/1201). [ I’aanah at-Tholibiin II/81 ].
[ HUKUM MEMELIHARA ANJING ] Boleh jika untuk berburu atau untuk menjaga binatang ternak atau menjaga kebun. Adapun jika untuk menjaga rumah, ulama ada perbedaan, ada yang tidak memperbolehkan karena haditsnya memang untuk menjaga tiga hal di atas. Imam Bukhari dan Imam Muslim (WALLAFDZU LAHUU) meriwayatkan dari shahabat Abu Hurairah, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :
مَنْ اقْتَنَى كَلْبًا لَيْسَ بِكَلْبِ صَيْدٍ وَلا مَاشِيَةٍ وَلا أَرْضٍ فَإِنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِهِ قِيرَاطَانِ كُلَّ يَوْمٍ
MAN IQTANAA KALBAN LAISA BIKALBI SHAIDIN WA LAA MAASYIYATIN WA LAA ARDHIN FA INNAHUU YANQUSHU MIN AJRIHII QIIRAATHAANI KULLA YAUMIN.
Barang siapa yang memelihara anjing yang bukan anjing pemburu dan bukan anjing penjaga ternak dan bukan anjing penjaga kebun maka akan berkurang dari pahalanya setiap hari sebanyak dua qirath. [ Sumber : Shahih Bukhari juz VI halaman 38, hadits nomor 2322, Maktabah Syamilah dan Shahih Muslim juz V halaman 37, Maktabah Syamilah ].
Berikut sanad dan matan Shahih Muslim :
وحدثنا أبو بكر بن أبى شيبة وزهير بن حرب وابن نمير قالوا حدثنا سفيان عن الزهرى عن سالم عن أبيه عن النبى -صلى الله عليه وسلم- قال « من اقتنى كلبا إلا كلب صيد أو ماشية نقص من أجره كل يوم قيراطان ».
Tapi ada juga yang memperbolehkannya dengan mengqiyaskan ketiga di atas. Imam Nawawi dalam syarah Muslim menerangkan:
وهل يجوز لحفظ الدور والدروب ونحوها ؟ فيه وجهان
أحدهما لا يجوز لظواهر الأحاديث فإنها مصرحة بالنهي إلا لزرع أو صيد أو ماشية ، وأصحها يجوز قياسا على الثلاثة عملا بالعلة المفهومة من الأحاديث وهي الحاجة .
WA HAL YAJUUZU LIHIFZHI ADDUUR WA ADDURUUB WANAHWIHAA ? AHADUHUMAA LAA YAJUUZU LIZHAWAAHIRIL AHAADIITSI FA INNAHAA MUSHARRIHATUN BINNAHYI ILLAA LIZAR’IN AU SHAIDIN AU MAASYIYATIN. WA ASHAHUHAA YAJUUZU QIYAASAN ‘ALATSTSALAATSATI ‘AMALAN BIL ‘ILLATIL MAFHUUMATI MINAL AHADIITSI WA HIYA AL HAAJATU.
Dan apakah boleh untuk menjaga rumah, pintu gerbang dan sebagainya ? ada dua pendapat :
1.Pertama : tidak boleh karena zahirnya hadits menjelaskan larangan kecuali untuk kebun, berburu atau ternak
2.Kedua yang ashah boleh, diqiyaskan dengan ketiga hal tersebut, dengan mengamalkan illat yang mafhum dari hadits, yaitu hajat.
Wallaahu A’lam
IMAN KEPADA QODHO DAN QODHAR RASA EMPATI KEPADA TEMAN
TUGAS
PAI
IMAN KEPADA
QODHO DAN QODHAR
DISUSUN OLEH :
NAMA : SITI ROPIKOH
KELAS : IX F
NO. ABSEN : 31
SMP NEGERI 2
BANTARBOLANG
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
A. Arti
Beriman Kepada Qadha dan Qodar
Rukun iman yang keenam ádalah mempercayai adanya qadha dan
qodar. Qodha artinya ketentuan atau keputusan Allah kepada mahluknya yang akan terjadi
baik di dunia maupun di akherat, sedangkan qodar ádalah segala sesuatu
ketentuan atau ketetapan Allah yang telah terjadi atas mahluknya. Pendek kata
qadha ádalah rencana Allah yang akan terjadi sedang jika rencana tersebut sudah
terjadi menjadi kenyataan pada diri mahluknya disebut qodar. Segala sesuatu
yang ada di dunia ini telah di tentukan qadha oleh Allah, sebagaima dijelaskan
dalam Q.S. Al Hidayat ayat 22
مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي
أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ
عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
“ Tiada suatu bencanapun yang menimpa di Bumi dan ( Tidak
pula ) pada dirimu sendiri melainkan Telah tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfuzh
) sebelum kami menciptakannya, Sesungguhnya yang demikian itu ádalah mudah bagi
Allah.”
Jadi
arti beriman kepada Qodha Qodar Allah artinya mempercayai dengan sepenuh hati
bahwa Allah SWT telah menetapkan Qadha dan Qodar mahluknya yang bersifat Azali.
Azali Artinya ketetapan itu sudah ada sebelum keberadaan atau kelahiran mahluk
tersebut.
B. Ciri –
ciri beriman kepada Qodha dan qodar:
Orang yang percaya pada Qodha dan qodar Allah tidak akan
pasrah tanpa berbuat sesuatu, karena merasa nasibnya sudah ditentukan Allah.
Sebab manusia tidak akan tahu apakah takdirnya itu muallaq atau mubram sebelum
dia berusaha keras dan berdo’a untuk mendapatkan keinginannya. Dalam Q.S. Ar
Ra’du ayat 11 Allah Berfirman yang artinya :
“ Sesunnguhnya allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum
sehingga keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”
Dari
penjelasan di atas dapat disimpulkan orang yang beriman kepada Qodha dan Qodar
memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
1.
Tidak sombong, karena kelebihan dan keberhasilan yang ia
miliki merupakan takdir Allah dan Manusia hanya diwajibkan untuk berihtiar.
2.
Sabar dalam menerima cobaan dan musibah, karena ia yakin
bahwa segala sesuatu mengenai dirinya maupun orang lain ádalah merupakan
ketentuan Allah sehingga manusia hanya menjalannya estela berusaha.
3.
Optimis dan tidak rendah diri, ia tidak menyesali nasib dan
kekurangan yang dimiliki karena apa saja yang dimiliki seseorang merupakan
bagiannya yang sudah diítakdirkan.
4.
Qonaah, karena dia sudah merasa cukup dengan yang
dimilikinya setelah berusaha.
5.
Pantang menyerah, tak kenal putus asa selalu berusaha dan
berihtiar mencari takdir yang terbaik.
C. Hubungan
antara Qadha dan Qadar
Qadha adalah rencana Allah yang akan terjadi, sedangkan
Qadar adalah jika rencana tersebut sudah terjadi menjadi kenyataan pada diri
mahluknya. Beriman pada Qadha dan Qadar akan membuat orang menjadi tenang
mantap dan tidak mudah putus asa maupun bersedih yang berlebihan karena sebagai
manusia yang diciptakan oleh tuhannya dia hanya diwajibkan berusaha sedangkan
yang menentukan hasilnya adalah Allah.
Dalam
istilah seharí – hari Qodar beserta usaha manusia biasa disebut takdir. Takdir
Allah ada yang tetap atau sama sekali tidak dapat berubah yang disebut dengan
takdir Mubram. Sedangkan takdir Allah yang masih bisa berubah dengan usaha
manusia disebut dengan Takdir Muallaq.
1. Takdir
Mubram
Yaitu ketentuan Allah yang pasti terjadi terhadap segala
sesuatu dan tidak bisa diusahakan atau dielakkan oleh siapapun. Contoh : Penciptaan
dan pengaturan dan pengaturan alam semesta seperti Matahari Terbit dari timur,
datangnya hari Kiamat, Jenis kelamin anak yang dilahirkan, kematian mahluk
hidup, dan lain – lain. Dalam Q.S. An Nisa ayat 78 yang artinya:
“ Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu,
kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka
memperoleh kebaikan, mereka mengatakan : “ ini (datangnya) dari sisi kamu
(Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang
– orang itu (orang munafik) hampir – hampir tidak memahami pembicaraan
sedikitpun”.
Contoh
kongritnya Amin sama sekali tidak tahu mengapa ia dilahirkan seperti sekarang
ini, dari bapak ibu yang berkulit sawo matang, mempunyai pekerjaan tukang
becak, bertempat tinggal di Pati. Seandainya ia bisa memilih mungkin dia ingin
dilahirkan dari orang tua yang berkulit putih dan ganteng, orang tua yang
konglomerat dan tinggal di Eropa. Tetapi hal itu tidak bisa terjadi, inilah
yang disebut takdir Mubram.
2. Takdir Muallaq.
Yaitu ketentuan Allah terhadap sesuatu yang dalam
pelaksanaannya Allah memberi peran serta kepada manusia untuk berusaha atau
berihtiar. Contoh: Kepandaian, kekayaan, keberhasilan, dan lain –lain.
Kepandaian, kekayaan, dan keberhasilan masing – masing orang telah ditakdirkan
oleh allah, tetapi untuk merealisasikan takdir itu Allah memberi peran kepada
manusia untuk berusaha atau berihtiar.
D. Fungsi
iman lepada Qadha dan Qadar.
Selain
akan menentukan sempurna tidaknya iman seseorang, iman kepada Qadha dan Qodar
mempunyai beberapa manfaat atau fungsi bagi kehidupan manusia, yaitu:
1.
Mengendalikan kesedihan dan kegembiraan yang berlebihan.
Dengan percaya bahwa segala sesuatu baik kesengsaraan maupun
kenikmatan adalah merupakan ketentuan dan ketetapan dari Allah SWT, maka
apabila seseorang mendapatkan sesuatu yang tidak menyenangkan maka dia tidak
akan bersedih hati secara berlebih – lebihan, begitu juga apabila mendapatkan
sesuatu keberhasilan mereka tidak akan membanggakan dan menyombongkan diri, karena
mereka meyakini bahwa semuanya adalah merupakan ketentuan Allah SWT. Firman
Allah dalam Q.S. Al Hadid ayat 23 yang artinya:
” (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan
berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kmu jangan terlalu
gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai
setiap orang yang sombong lagi membnggakan diri”
2.
Menumbuhkan kesadaran seseorang untuk mau menerima
kenyataan.
Percaya pada Qadha dan Qodar membuat seseorang menerima apa
saja yang terjadi pada dirinya, sehingga tidak menyesali sesuatu yang ada atau
yang telah mereka lakukan.
3.
Menumbuhkan rasa optimis dan percaya diri.
Orang yang percaya bahwa apa yang ada di pada seseorang
adalah merupakan takdir Allah, mereka tidak akan merasa rendah diri atau minder
dan putus asa karena kondisi dan keadaan yang ada pada dirinya.
4.
Menumbuhkan rasa tenang dan tawakkal lepada Allah.
Percaya pada Qadha dan Qadar membuat seseorang yakin bahwa
segala sesuatu terjadi karena kehendak dan ketetapan Allah, tentu apa saja yang
diterima dan dialami akan diserahkan kepada Allah dzat yang menghendaki dan
menetapkan, sehingga hidupnya merasa tenang dan tidak meliputi rasa
kekawatiran.
5.
Meningkatkan motifasi untuk berusaha.
Dengan meyakini bahwa takdir itu ada yang muallaq, maka akan
meningkatkan motifasi kepada manusia untuk berusaha dan berihtiar.
Rasa Empati Kepada Teman
Empathic
outlook adalah suatu aktivitas untuk memahami apa yang sedang
dipikirkan dan dirasakan orang lain, serta apa yang dipikirkan dan dirasakan
oleh yang bersangkutan terhadap kondisi yang sedang dialami orang lain, tanpa
yang bersangkutan kehilangan kontrol dirinya.
Empati
berperan penting dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari pengasuhan,
pendidikan, manajemen, hingga tindakan bela rasa dan percintaan. Empati
dibangun pada lingkup self-awareness (kesadaran diri).Makin terbuka terhadap
emosi kita sendiri, makin terampil kita dalam memahami perasaan orang lain.Emosi
tidak banyak diekspresikan dalam kata-kata, justru ia lebih banyak diekspresikan
dalam isyarat-isyarat nonverbal, seperti intonasi suara, gerakan bagian tubuh,
ekspresi wajah. Maka kemampuan empati terutama melibatkan kemampuan seseorang
untuk membaca perasaan lewat pemahaman terhadap isyarat-isyarat nonverbal orang
lain.Empati sangat dibutuhkan dalam relasi terapeutik. Bahkan dalam terapi
client centered, iklim terapi, yang diwarnai empati menjadi syarat utama yang
akan memberi efek mendukung bagi tumbuhnya konsep diri positif pada klien atau
konseli, sehingga konseli dapat mengatasi persoalannya sendiri.Lebih lanjut
dapat diungkapkan bahwa mengingat pentingnya kemampuan empati dalam hubungan
antar manusia, maka upaya melatih dan mengembangkan empati di
keluarga-keluarga, sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya perlu
dilakukan sedini mungkin. Memang, orang jarang mengungkapkan perasaan mereka
lewat kata-kata. Lebih sering mereka memberitahu kita melalui nada suara,
ekspresi wajah, atau cara-cara nonverbal lainnya.
Kemampuan kita dalam mengindera
perasaan seseorang tanpa yang bersangkutan mengatakannya merupakan inti sari
empati.
Hal – hal yang perlu
dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai empathetic outlook, antar lain:
·
Memahami perasaan
orang lain. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memperhatikan
isyarat-isyarat emosi dan mendengarkan dengan baik, dengan kita memperhatikan
isyarat-isyarat emosi yang dikirimkan oleh bahasa tubuh, kita bisa menebak apa
isi pikiran orang tersebut dan mengetahui bagaimana emosinya saat itu juga.
·
Membantu
berdasarkan pemahaman terhadap perspektif dan kebutuhan orang lain.
Yang dimaksud membantu berdasarkan pemahaman terhadap perspektif dan kebutuhan
orang lain adalah memberikan bantuan sesuai kebutuhan mereka.
·
Mengembangkan orang
lain. Mengembangkan orang lain dapat dilakukan dengan mengakui dan
menghargai kekuatan, keberhasilan, dan perkembangan orang lain. Menawarkan
umpan balik yang bermanfaat dan mengidentifikasi kebutuhan orang lain untuk
berkembang. Menjadi mentor, memberikan pelatihan pada waktu yang tepat, dan
penugasan-penugasan yang menantang serta mendorong dikerahkannya kemampuan
seseorang. Dengan begitu kemampuan yang dimiliki oleh orang lain dapat
berkembang.
·
Orientasi pelayanan
kepada orang lain. Hal tersebut dapat dilakukan dengan senang hati
menawarkan bantuan dan menghayati perspektif orang lain dan bertindak sebagai
penasehat yang dapat dipercaya
·
Memanfaatkan
keragaman. Dapat dilakukan dengan hormat dan mau bergaul dengan
orang-orang dari bermacam-macam latar belakang. Memahami beragamnya pandangan
dan peka terhadap perbedaan antar kelompok. Memandang keberagaman sebagai
peluang, menciptakan lingkungan yang memungkinkan semua orang sama-sama maju
meskipun berbeda-beda. Dan berani menentang sikap diskriminatif dan intoleran
·
Kesadaran politik.
Dapat diwujudkan dengan cara membaca dengan cermat hubungan-hubungan kekuasaan.
Mengenal dengan baik semua jaringan sosial yang penting. Memahami
kekuatan-kekuatan yang membentuk pandangan-pandangan serta tindakan-tindakan
orang lain. Membaca dengan cermat realitas sosial di dalam atau di luar
organisasi.
Sumber : https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-meningkatkan-kemampuan-berempati-dan-apa-manfaatnya/1451
Kamis, 01 Februari 2018
JILBAB BU NYAI YANG TIDAK SYAR'I
Mari kita diskusikan soal batas aurat wanita, jilbab dan kemurahan Allah SWT dalam menampilkan aneka wajah syariat, melalui ragam perbedaan pendapat ulama dalam berbagai topik, termasuk perbedaan fatwa ulama mengenai jilbab.
Pada postingan sebelumnya tentang Ijma (konsensus), telah kita pahami
bahwa pada dasarnya kata dan ayat dalam Al-Quran tidak ada makna yang
spesifik, selalu bermakna ganda. Seperti kata sholat (الصلاة) dalam ayat
اقيموا الصلاة. Makna leksikal sholat adalah 'doa'. Menurut pengertian
bahasa orang berdoa sudah disebut sholat.
Lalu bagaimana ayat اقيموا الصلاة, dimaknai tegakanlah sholat, sholat dengan pengertian fikih, yaitu gerakan dan bacaan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan ditutup dengan salam? Karena ada kesepakatan ulama (ijma).
Artinya semua ulama tidak pernah ada yang memaknai sholat dalam ayat ini dengan pengertian bahasa, atau pengertian lainnya, tetapi hanya memahami sholat dengan pengertian fikih seperti yang saya sebutkan.
Tidak banyak masalah-masalah yang disepakati ulama. Sholat, zakat puasa, haji disepakati fardhu, wajib bagi setiap orang namun dalam detailnya ulama berbeda pendapat. Apakah niat sholat itu harus berbarengan dengan takbiratul ihram atau tidak? Imam Syafi'i mengatakan ya, dengan tata cara yang ketat. Sedangkan Imam Hanafi tidak.
Nah lebih banyak ayat atau tafsir atau hukum yang diperdebatkan ulama melalui fatwa yang berbeda-beda daripada yang disepakati, atau yang bersifat ijma. Oleh sebab itu salah satu syarat Mujtahid, menggali hukum langsung dari Al-Quran dan hadis harus orang yang memahami mahal ijma, masalah-masalah yang disepakati ulama. Ijma tidak boleh diganggu gugat.
Siapa yang boleh menjadi pemimpin, laki-laki kah? Atau wanita kah? Ulama berbeda pendapat. Menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan adalah wajib. Khususnya bagi perempuan, manakah aurat yang wajib ditutup? Ulama berbeda pendapat.
Ada pendapat seperti yang didukung oleh produsen Busana muslimah, ada juga yang tidak menguntungkan mereka, yaitu menurut kelompok ulama ini, rambut, siku dan betis bukan area yang wajib ditutup. Anda boleh setuju dan boleh tidak.
Berbicara hadis tentang jilbab akan sangat bertele-tele, apalagi jika teman-teman tidak memahami bahasa teknis ilmu hadis atau yang disebut mustholahat hadis. Akan tetapi aneka ragam hadis yang bertolak belakang dari sisi konten maupun transmisinya (sanad) terwakili oleh penafsiran Ibn Katsir dalam ayat 59 surat al-Ahzab berikut. (ngomong-ngomong terjemah tafsir Ibn Katsir ini pegangan kelompok nganu)
( [ يا أيها النبي ] قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين ) قال : كان ناس من فساق أهل المدينة يخرجون بالليل حين يختلط الظلام إلى طرق المدينة ، يتعرضون للنساء ، وكانت مساكن أهل المدينة ضيقة ، فإذا كان الليل خرج النساء إلى الطرق يقضين حاجتهن ، فكان أولئك الفساق يبتغون ذلك منهن ، فإذا رأوا امرأة عليها جلباب قالوا : هذه حرة ، كفوا عنها . وإذا رأوا المرأة ليس عليها جلباب ، قالوا : هذه أمة . فوثبوا إليها .
وقال مجاهد : يتجلببن فيعلم أنهن حرائر ، فلا يتعرض لهن فاسق بأذى ولا ريبة .
Perintah Allah SWT kepada Nabi, untuk Istri-istri Nabi, putri-putri Nabi dan wanita kaum muslimin untuk melonggarkan jilbab mereka supaya dikenali identitasnya agar tidak di sakiti.
Ibn Abbas mengatakan dahulu preman dijalanan kota Madinah keluar malam hari. Mereka mengganggu para-wanita. Rumah penduduk Madinah sempit (tidak mempunyai kamar kecil), malam hari mereka keluar untuk BAB. Para preman mengganggu para wanita itu. Jika mereka melihat wanita berjilbab mereka mengatakan itu perempuan merdeka, mereka tidak berani mengganggu.
Ketika mereka menjumpai para wanita tidak menggunakan jilbab, mereka mengatakan ini amat (budak wanita/pekerja). Dan mereka menggodanya.
Menurut Imam Mujahid, dengan menggunakan jilbab preman Madinah mengetahui bahwa para wanita itu merdeka mereka tidak menggoda dan menyakitinya."
Demikian dalam tafsir Ibn Katsir. Apa bedanya antara perempuan merdeka dan pekerja (amat)? Apa yang membedakan antara keduanya? Keduanya sama wanita, mempunyai "infrastruktur" kewanitaan, mempunyai alat Vital dan persenjataan lainnya. Apa perbedaannya? Yang satu tuan yang dilayani, enjoy dirumah, sedangkan wanita yang satu lagi kelas pekerja, yang memerlukan kebebasan bergerak dan beraktifitas.
Setiap wanita dengan kondisi yang sangat beragam, masing-masing bisa bernaung pada pendapat ulama yang sesuai kebutuhannya. Jangan saling menghakimi. Cukup Allah yang maha menghakimi.
Mana pendapat atau fatwa yang benar? Menurut Syeikh Abdul Wahab Sya'rani, semuanya pendapat ulama benar. Karena fatwa ulama hasil ijtihad tidak ada yang salah. Bagaimana dengan hadis, seorang Mujtahid (hakim) ijtihadnya salah mendapatkan satu pahala? Kata beliau arti salah (خطاء ) dalam hadis itu adalah ulama tidak sampai pada kesimpulan hukum setelah berijtihad. Meskipun ulama ini tidak mendapatkan kesimpulan hukum tetap mendapatkan satu pahala.
Para wanita juragan, kantoran dianjurkan mengamalkan pendapat ulama yang berat soal jilbab, yaitu menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Buat wanita pekerja bolehlah dia mengamalkan pendapat ulama yang ringan, yaitu memperbolehkan rambut, pergelangan tangan dan betis terbuka.
Kata Imam Abdul Wahab Sya'rani,
فان جميع المكلفين لايخرجون عن قسمين قوي وضعيف من حيث ايمانه او جسمه فى كل عصر وزمان فمن قوي منهم خوطب بالتشديد والاخد بالعزاءىم ومن ضعف منهم خوطب بالتخفيف والاخد بالرخص وكل منهما حينءىذ على شريعة من ربه وتبيان فلا يؤمر القوي بالنزول الى الرخص ولا يكلف الضعيف للعزيمة
"Setiap orang dewasa dan berakal tidak keluar dari dua kemungkinan, kuat dan lemah. Kuat atau lemah dari sisi keimanan bisa juga dari aspek fisik. Di setiap era dan zaman selalu demikian. Kepada yang kuat berikan pada mereka fatwa yang berat dan dorong untuk mengamalkan hukum kelas 1 (azimah).
Dan yang lemah baik iman ataupun fisiknya maka berikan fatwa yang ringan dan dorong melakukan kewajiban yang memberikan dispensasi. Masing-masing dari dua kelompok itu masih dalam bingkai syariat Allah SWT. Yang kuat jangan diberi kemudahan yang lemah jangan dipersulit."
Anda boleh mengamalkan fatwa yang mana saja, yang sesuai dengan kondisi Anda masing-masing. Termasuk dalam menutup aurat untuk wanita. Semoga bermanfaat.
♻️Bersambung........
.
Oleh :
Ahmad Tsauri
Santri Lirboyo dan Alumni IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta .
[ Abuya Dimyati ]
sumber : group DASI ( Dagelan santri Indonesia )
Lalu bagaimana ayat اقيموا الصلاة, dimaknai tegakanlah sholat, sholat dengan pengertian fikih, yaitu gerakan dan bacaan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan ditutup dengan salam? Karena ada kesepakatan ulama (ijma).
Artinya semua ulama tidak pernah ada yang memaknai sholat dalam ayat ini dengan pengertian bahasa, atau pengertian lainnya, tetapi hanya memahami sholat dengan pengertian fikih seperti yang saya sebutkan.
Tidak banyak masalah-masalah yang disepakati ulama. Sholat, zakat puasa, haji disepakati fardhu, wajib bagi setiap orang namun dalam detailnya ulama berbeda pendapat. Apakah niat sholat itu harus berbarengan dengan takbiratul ihram atau tidak? Imam Syafi'i mengatakan ya, dengan tata cara yang ketat. Sedangkan Imam Hanafi tidak.
Nah lebih banyak ayat atau tafsir atau hukum yang diperdebatkan ulama melalui fatwa yang berbeda-beda daripada yang disepakati, atau yang bersifat ijma. Oleh sebab itu salah satu syarat Mujtahid, menggali hukum langsung dari Al-Quran dan hadis harus orang yang memahami mahal ijma, masalah-masalah yang disepakati ulama. Ijma tidak boleh diganggu gugat.
Siapa yang boleh menjadi pemimpin, laki-laki kah? Atau wanita kah? Ulama berbeda pendapat. Menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan adalah wajib. Khususnya bagi perempuan, manakah aurat yang wajib ditutup? Ulama berbeda pendapat.
Ada pendapat seperti yang didukung oleh produsen Busana muslimah, ada juga yang tidak menguntungkan mereka, yaitu menurut kelompok ulama ini, rambut, siku dan betis bukan area yang wajib ditutup. Anda boleh setuju dan boleh tidak.
Berbicara hadis tentang jilbab akan sangat bertele-tele, apalagi jika teman-teman tidak memahami bahasa teknis ilmu hadis atau yang disebut mustholahat hadis. Akan tetapi aneka ragam hadis yang bertolak belakang dari sisi konten maupun transmisinya (sanad) terwakili oleh penafsiran Ibn Katsir dalam ayat 59 surat al-Ahzab berikut. (ngomong-ngomong terjemah tafsir Ibn Katsir ini pegangan kelompok nganu)
( [ يا أيها النبي ] قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين ) قال : كان ناس من فساق أهل المدينة يخرجون بالليل حين يختلط الظلام إلى طرق المدينة ، يتعرضون للنساء ، وكانت مساكن أهل المدينة ضيقة ، فإذا كان الليل خرج النساء إلى الطرق يقضين حاجتهن ، فكان أولئك الفساق يبتغون ذلك منهن ، فإذا رأوا امرأة عليها جلباب قالوا : هذه حرة ، كفوا عنها . وإذا رأوا المرأة ليس عليها جلباب ، قالوا : هذه أمة . فوثبوا إليها .
وقال مجاهد : يتجلببن فيعلم أنهن حرائر ، فلا يتعرض لهن فاسق بأذى ولا ريبة .
Perintah Allah SWT kepada Nabi, untuk Istri-istri Nabi, putri-putri Nabi dan wanita kaum muslimin untuk melonggarkan jilbab mereka supaya dikenali identitasnya agar tidak di sakiti.
Ibn Abbas mengatakan dahulu preman dijalanan kota Madinah keluar malam hari. Mereka mengganggu para-wanita. Rumah penduduk Madinah sempit (tidak mempunyai kamar kecil), malam hari mereka keluar untuk BAB. Para preman mengganggu para wanita itu. Jika mereka melihat wanita berjilbab mereka mengatakan itu perempuan merdeka, mereka tidak berani mengganggu.
Ketika mereka menjumpai para wanita tidak menggunakan jilbab, mereka mengatakan ini amat (budak wanita/pekerja). Dan mereka menggodanya.
Menurut Imam Mujahid, dengan menggunakan jilbab preman Madinah mengetahui bahwa para wanita itu merdeka mereka tidak menggoda dan menyakitinya."
Demikian dalam tafsir Ibn Katsir. Apa bedanya antara perempuan merdeka dan pekerja (amat)? Apa yang membedakan antara keduanya? Keduanya sama wanita, mempunyai "infrastruktur" kewanitaan, mempunyai alat Vital dan persenjataan lainnya. Apa perbedaannya? Yang satu tuan yang dilayani, enjoy dirumah, sedangkan wanita yang satu lagi kelas pekerja, yang memerlukan kebebasan bergerak dan beraktifitas.
Setiap wanita dengan kondisi yang sangat beragam, masing-masing bisa bernaung pada pendapat ulama yang sesuai kebutuhannya. Jangan saling menghakimi. Cukup Allah yang maha menghakimi.
Mana pendapat atau fatwa yang benar? Menurut Syeikh Abdul Wahab Sya'rani, semuanya pendapat ulama benar. Karena fatwa ulama hasil ijtihad tidak ada yang salah. Bagaimana dengan hadis, seorang Mujtahid (hakim) ijtihadnya salah mendapatkan satu pahala? Kata beliau arti salah (خطاء ) dalam hadis itu adalah ulama tidak sampai pada kesimpulan hukum setelah berijtihad. Meskipun ulama ini tidak mendapatkan kesimpulan hukum tetap mendapatkan satu pahala.
Para wanita juragan, kantoran dianjurkan mengamalkan pendapat ulama yang berat soal jilbab, yaitu menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Buat wanita pekerja bolehlah dia mengamalkan pendapat ulama yang ringan, yaitu memperbolehkan rambut, pergelangan tangan dan betis terbuka.
Kata Imam Abdul Wahab Sya'rani,
فان جميع المكلفين لايخرجون عن قسمين قوي وضعيف من حيث ايمانه او جسمه فى كل عصر وزمان فمن قوي منهم خوطب بالتشديد والاخد بالعزاءىم ومن ضعف منهم خوطب بالتخفيف والاخد بالرخص وكل منهما حينءىذ على شريعة من ربه وتبيان فلا يؤمر القوي بالنزول الى الرخص ولا يكلف الضعيف للعزيمة
"Setiap orang dewasa dan berakal tidak keluar dari dua kemungkinan, kuat dan lemah. Kuat atau lemah dari sisi keimanan bisa juga dari aspek fisik. Di setiap era dan zaman selalu demikian. Kepada yang kuat berikan pada mereka fatwa yang berat dan dorong untuk mengamalkan hukum kelas 1 (azimah).
Dan yang lemah baik iman ataupun fisiknya maka berikan fatwa yang ringan dan dorong melakukan kewajiban yang memberikan dispensasi. Masing-masing dari dua kelompok itu masih dalam bingkai syariat Allah SWT. Yang kuat jangan diberi kemudahan yang lemah jangan dipersulit."
Anda boleh mengamalkan fatwa yang mana saja, yang sesuai dengan kondisi Anda masing-masing. Termasuk dalam menutup aurat untuk wanita. Semoga bermanfaat.
♻️Bersambung........
.
Oleh :
Ahmad Tsauri
Santri Lirboyo dan Alumni IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta .
[ Abuya Dimyati ]
sumber : group DASI ( Dagelan santri Indonesia )
LAPORAN PERJALANAN Baturaden Palawi,Java Heritage Hotel Purwokerto,Sangga Luri Dan Owabong
LAPORAN PERJALANAN
HOTEL VISIT AND TOUR
DISUSUN OLEH :
NAMA : REZI KHAFID F.
KELAS : X APH 2
SMK PARIWISATA LIBERTY PEMALANG
TAHUN AJARAN 2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjtkan kehadirat tuhan yang maha esa karena dengan rahmat dan
karunianya kami dapat menyelesaikan
tugas tentang “ laporan perjalanan hotel visit dan tour” ini dengan baik
meskipun banyak kekurangan didalamnya . dan kami erterimakasih kepada guru
pembimbing kami yang telah member tugas ini kepada kami.
Kami
sangat berharap laporan ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta
pengetahuan kita mengenai industri perhotelan. Kami juga menyadari sepenuhnya
bahwa di dalam laporan ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Oleh
karena itu, kami berharap adanya kritik,saran dan usulan demi perbaikanlaporan
yang kamibuat dimasa yang akan datang , mengingat tidak ada sesuatu yang
sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga
laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya
kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan
kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dimasa depan.
Pemalang, Januari 2018
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan Penulisan
C. Manfaat dan Laporan perjalanan
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Waktu
B. Tempat
BAB III
PEMBAHASAN
A. Baturaden Palawi
B. Java Heritage Hotel Purwokerto
C. Sangga Luri
D. Owabong
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Kegiatan
study tour yang telah dilaksanakan ini
merupakan agenda tahunan yang diadakan disekolah SMK Pariwisata Liberty
Pemalang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan seluruh siswa-siswi
sekolah, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal-hal untuk
menambah pengetahuan siswa dan menambah pengalaman.
Kegiatan
perjalan tahun ini dilaksanakan selama 1 hari
yaitu pada tanggal 13 Januari 2018.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun
laporan kegiatan perjalanan wisata ini sebagai laporan tentang hal-hal yang
telah didapat selama mengikuti tugas Bahasa Indonesia selain itu dengan laporan
kegiatan wisata ini, penulis dapat membagikan pengalaman-pengalaman dan ilmu
yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.
B. Tujuan Laporan Perjalanan
Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini adalah
:
1. Melaporkan tempat-tempat yang telah dikunjungi
2. Melaporkan hal-hal yang telah didapatkan selama mengikuti
kegiatan ini
3. Memenuhi tugas bahasa Indonesia
C. Manfaat laporan perjalanan
1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
2. Mengenalkan siswa tempat yang dikunjungi
3. Memberi pengalaman
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. WAKTU
Kegiatan ini dilaksanakan pada :
Hari :
Sabtu
Tanggal :
13 januari 2018-02-01
Jam :
08.00 – 19.30 WIB
B. TEMPAT
Tempat yang dikunjungi adalah:
1. Batu Raden Palawi
2. Java Heritage Hotel Purwokerto
3. Sangga Luri
4. Owabong
BAB III
PEMBAHASAN
A. Baturaden Palawi
Baturaden, salah satu daerah yang berada di Purwokerto
menyimpan potensi alam yang sangat indah, letaknya yang berada di kaki Gunung
Slamet menjadi sebuah kawasan yang memiliki keindahan alam yang mampu dijadikan
daya tarik wisata. Nama Baturaden tentu saja memiliki cerita sejarah, konon
dulu merupakan percintaan antara seorang abdi dengan seorang putri adipati,
karena kisah cintanya tidak direstui keduanya melarikan diri lalu menikah dan
menetap disebuah desa, konon dari desa inilah kisah ini menjadi sebuah nama
Baturaden yang diambil dari kata Batur yang artinya abdi dan keturunan Raden
yang menunjukkan keturunan adipati.
Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan
pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu
lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum
wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di
terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat
menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi,
sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30
derajat.
Baturraden adalah keindahan yang memancar dari lereng
Gunung Slamet. Lokasi wisata yang berjarak hanya sekitar 15 km dari kota
Purwokerto, Jawa Tengah ini, tak hanya menyimpan panorama alam yang molek,
tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang
cukup akrab di masyarakat Indonesia.
Selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan
hotel dan aneka penginapan yang memadai. Di samping, bagi pecinta alam terbuka
disediakan camping ground yang nyaman dan aman. Dan tanpa perlu khawatir akan
kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang
menjajakan sate kelinci.
Lokasi wisata
Air terjun di dalam Lokawisata Baturaden
a. Pancuran Pitu Baturraden
Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya
dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah atas Pancuran
Telu.
b. Pancuran Telu
Pemandian air
panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai
penyakit kulit. Terletak di sebelah bawah Pancuran Pitu.
c. Bumi Perkemahan
Merupakan camping
ground yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta alam dan penikmat
kegiatan out bond. Pernah digunkan sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.
d. Kaloka Widya Mandala
Taman Kaloka
Widya Mandala Baturraden atau Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden merupakan
kebun binatang sekaligus sebagai tempat wisata edukasi yang diresmikan oleh
Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995. Tempat ini pernah mendapatkan prestasi sebagai Visit
Indonesia Dekade 1991-2000 dalam Penobatan Anugerah Wisata Jawa Tengah dan
Daerah Istimewa Yogyakarta di Semarang pada tanggal 23 Agustus 1996.
Di Taman
Kaloka Widya Mandala Baturraden terdapat berbagai macam binatang yang berasal
dari dalam maupun dari luar negeri seperti dari Australia, Asia dan Belanda. Koleksinya meliputi: Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga,
Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana,
Cendrawasih, Kelelawar, Ayam
Kate, Ayam
Mutiara, Orang Utan, Elang
Bondol, Rusa. Di tempat ini juga terdapat Museum Satwa Langka,
seperti: Harimau
Sumatera, Beruang Madu, dan Macan
Dahan.
- Pemandian Air Panas
- Curug Ceheng
- Wahana Wista Lembah Combong
- Combong Valley Paint Ball and War Games
- Telaga Sunyi
Dari
Baturaden, Anda dapat melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusa
Kambangan, juga beberapa pantai indah di daerah Cilacap. Baturaden sendiri
memiliki banyak objek wisata yang menarik dikunjungi seperti Taman Bitanin yang
memiliki beragam tanaman dan bunga langka, di antaranya bunga havana, daun
dewa, antarium lipstick, palem paris, dan widoro laut yang tak hanya
dipamerkan, juga dijual sebagai souvenir.
Kemudian juga ada Curug Gede, sebuah air terjun cantik di
Desa Ketenger yang terletak 3 km dari pusat Baturaden. Tidak jauh dari
situ juga ada sebuah pemandian air panas, Pancuran Pitu yang bersuhu sekira 60
hingga 70 derajat Celsius.Selain pemandian air panas, Baturaden juga memiliki
pemandian yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu Pancuran Telu.
Baturaden pun memiliki kolam sumber air murni, Telaga Sunyi.
Baturaden ternyata turut dibuka untuk lokasi perkemahan.
Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Baturaden, Anda dapat mendirikan tenda
di Wana Wisata, sebuah hutan hijau yang berjarak 2 km dari Baturaden dan
sangat pas untuk berkemah bersama keluarga.
Wisata keluarga di Baturaden akan bertambah
menyenangkan apabila berkunjung ke Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun
binatang dan museum yang menyimpan kerangka-kerangka fauna khas Indonesia.Tidak
hanya wisata alam, Baturaden juga menyediakan beragam wisata kebudayaan seperti
grebeg syura yang diadakan setiap bulan pertama dalam kalender tahun Islam,
pertunjukan musik calung, dan tari tradisional lengger, pertunjukan bernuansa
mistis yakni kuda lumping, serta sadranan sebagai upacara mengunjungi situs
suci, biasanya kuburan yang juga disebut kenduren oleh masyarakat sekitar.
Salah satu kawasan wisata outbond yang menarik dan wajib
untuk dikunjungi adalah di Wana Wisata Palawi, Baturaden . Kita
dapat menikmati hamparan keindahan pohon-pohon besar yang hijau, udara yang
sejuk ketika pertama masuk ke kawasan tersebut. Sungguh keindahan yang membuat
mata saya tidak berkedip menikmati setiap hembusan udara serta pemandangan yang
indah. Untuk tarif masuk kita dikenakan biaya Rp.20.000
belum termasuk parkir.Di Palawi banyak berbagai macam wana wisata seperti :
Camping Ground, Jungle Trekking, Flying Fox, Outbond, Tubbing, Curug, Kebun Bibit
Tanaman, serta beberapa spesies kebun binatang mini.
Sungguh indah bukan wisata di
Palawi, kita dapat melihat berbagai macam obyek wisata yang menarik perhatian
kita. Namun, tidak hanya keindahan tersebut yang dapat kita nikmati karena di
Palawi, Baturaden kita juga dapat melakukan kegiatan Outbond. Kegiatan
outbond menjadi sarana bagi kita untuk dapat mengasah kekompakan dan kerjasama
kepada teman atau rekan kita. Di Palawi seringkali menjadi sarana bagi sebuah
kantor/instansi, akademi/sekolah untuk berkegiatan outbond, disamping memiliki
alam yang indah namun juga adanya instruktur yang mampu memberikan motivasi,
pelatihan dan semangat dalam setiap kegiatan outbond yang dilaksanakan.
B. Java Heritage Hotel Purwokerto
Hotel Horison
Ultima Purwokerto kini berganti nama menjadi Java Heritage Purwokerto.Java-Heritage-editan
General Manager Java Heritage Purwokerto, Hilman Jumena mengatakan, lahirnya
Java Heritage diharap dapat menjadi ikon atau kebanggaan di area Purwokerto.
Java Heritage ditunjang fasilitas hotel bintang empat plus. Ini sesuai dengan
apa yang dibutuhkan masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. “Pelayanan yang kami
sampaikan sudah pasti yang terbaik, semakin baik dengan brand yang baru,” katanya.
Bersamaan perubahan nama tersebut, Java Heritage Purwokerto kini berada dibawah
naungan PT Panorama Semesta Group. Hilman menuturkan, perbedaan yang mencolok
Horison Ultima Purwokerto dengan Java Heritage Purwokerto, yakni pada sistem
manajemennya. “Java Heritage hanya memanej satu hotel di Purwokerto, Ini
sebagai brand lokal. “Sementara untuk Horison, mereka memanej beberapa hotel,”
katanya. Java Heritage menyediakan beberapa tipe kamar istimewa, seperti
deluxe, deluxe balcon, dan junior suite. Mereka juga tengah menyiapkan
President Suite. Sementara itu, Executive Assistant Manager PT Panorama Semesta
Group, Sani B Krisna menambahkan, perubahan nama tersebut sudah terdaftar, dan
kami ada ijin dari HAKI. “Semuanya sudah legal, dan masyarakat juga dapat menyebutnya
Heritage,” tuturnya.
Alamat: Jalan Doktor Angka no.71, Purwokerto, Indonesia, 53115, Pusat Kota, Purwokerto, Indonesia.Java Heritage Hotel Purwokerto adalah sebuah hotel mewah yang terletak di jantung distrik bisnis. hotel yang nyaman dan mempunyai pemandangan indah Gunung Slamet. Java Heritage Hotel memiliki 169 kamar, deluxes, Suites, Cottages, 16 Ruang Rapat, Grand Ballroom, dan Convention Center. Kami juga memiliki area parkir terbesar yang dilakukan hingga 250 mobil, kolam renang terbesar dan terbaik di Jawa Tengah dengan luas 96 meter. Hotel ini juga dikelilingi oleh pusat hiburan seperti Marcopolo Spa, Pusat Kebugaran, aerobik Studio, Bibir Karaoke, dan klub (Cheers! Never Ending Party). Sebagai salah satu dari 3 bintang Hotel di Purwokerto, kami menyediakan berbagai otentik gerai makanan dan minuman. Kami juga memiliki fooftop, yang dapat menjadi tempat yang sempurna untuk mendapatkan pemandangan kota. Fasilitas mewah yang dicampur dengan budaya Jawa akan menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan.
Alamat: Jalan Doktor Angka no.71, Purwokerto, Indonesia, 53115, Pusat Kota, Purwokerto, Indonesia.Java Heritage Hotel Purwokerto adalah sebuah hotel mewah yang terletak di jantung distrik bisnis. hotel yang nyaman dan mempunyai pemandangan indah Gunung Slamet. Java Heritage Hotel memiliki 169 kamar, deluxes, Suites, Cottages, 16 Ruang Rapat, Grand Ballroom, dan Convention Center. Kami juga memiliki area parkir terbesar yang dilakukan hingga 250 mobil, kolam renang terbesar dan terbaik di Jawa Tengah dengan luas 96 meter. Hotel ini juga dikelilingi oleh pusat hiburan seperti Marcopolo Spa, Pusat Kebugaran, aerobik Studio, Bibir Karaoke, dan klub (Cheers! Never Ending Party). Sebagai salah satu dari 3 bintang Hotel di Purwokerto, kami menyediakan berbagai otentik gerai makanan dan minuman. Kami juga memiliki fooftop, yang dapat menjadi tempat yang sempurna untuk mendapatkan pemandangan kota. Fasilitas mewah yang dicampur dengan budaya Jawa akan menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan.
Akomodasi hanya
berjarak 12 menit dari pantai. Terletak dijantung purwokerto, berselang 10
menit berkendara dari stasiun Purwokerto
C. Sangga Luri
Sanggaluri
park, sanggaluri berasal dari bahasa jawa yang berasal dari kata Sanggar =
tempat, Luru = mencari dan ilmu = pengetahuan. Sanggaluri adalah suatu wahana
wisata dan pembelajaran yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Desa Kutasari,
kecamatan Kutasari, kabupaten Purbalingga. Lokasi yang ditempati merupakan
bekas persawahan milik masyarakat. Tanah seluas 3,5 Ha diberikan secara
bertahap oleh PEMDA untuk dikelola PD.OWABONG.
Pada awal perkembangan Sanggaluri
park berdiri dengan nama Reptile and Insect park
Purbalingga yang diresmikan pada tanggal 13 Agustus 2007, seiring dengan
berjalanya waktu pada tahun 2008 dibangunlah suatu wahana Museum uang
Purbalingga. Reptile fun park Purbalingga pun menambah 2 wahana baru pada akhir
tahun 2009. Tempatnya wahana IPTEK pada bulan September 2009 dan museum wayang
dan Artefak Purbalingga yang diresmikan pada bulan Desember 2009.Hingga pada
awal tahun 2010 resmilah penggunaan nama Sanggaluri Park sebagai suatu wadah
wahana dalam bidang pembelajaran.
Lokasi Purbalingga Sanggaluri Park
terletak di jalan raya Kutasari Karang Banjar kurang lebih 7 km dari
Purbalingga atau seperempat jam dari Purbalingga.
Wahana-wahana sanggaluri di antaranya adalah:
1. Taman Reptil dan Serangga
Wahana wisata ini adalah wahana tertua di Sanggaluri Park,
karena wahana ini yang pertama kali dibangun pada saat tempat ini masih bernama
Taman Reptil.Di Taman Reptil dan Serangga ini, sesuai dengan namanya, akan anda
jumpai berbagai macam binatang reptil dan serangga.Binatang reptil yang ada di Sanggaluri
Park di antaranya buaya, kadal, ular, dan berbagai jenis binatang reptil
lainnya dengan berbagai jenis dan juga berbagai ukuran.Di Taman Reptil dan
Serangga ini anda dapat berfoto dengan ular besar yang ada di sana, dengan
ditemani pawangnya tentunya.Koleksi serangganya pun cukup banyak dan disusun
begitu cantiknya. Ada berbagai jenis kupu-kupu, berbagai jenis kumbang, dan
berbagai jenis serangga lainnya.
2. Wahana Iptek
Wahana Iptek ini cukup menarik bagi para pelajar yang
ingin membuktikan teori yang selama ini dipelajari di sekolah, terutama terkait
dengan pelajaran Fisika.Wahana Iptek ini mirip sekali dengan keberadaan Taman
Pintar Jogjakarta, hanya saja Wahana Iptek di Sanggaluri Park lebih kecil dan
juga koleksi peralatannya tidak sebanyak Taman Pintar Jogjakarta. Di Wahana
Iptek ini juga dipajang berbagai penghargaan yang diterima oleh Kabupaten
Purbalingga, baik tingkat Provinsi, Nasional, maupun penghargaan dari MURI dan
Prestasi-prestasi Purbalingga lainnya, termasuk penghargaan Kota Adipura.
3. Museum Uang
Untuk melihat koleksi uang dari dari berbagai zaman, anda
tidak harus datang ke Museum BI di Kota Tua Jakarta. Di Purbalingga ini juga
anda dapat melihat koleksi berbagai mata uang dari zaman Hindia Belanda, yaitu
di Museum Uang Sanggaluri Park.Koleksi Uang di Museum Uang ini cukup lengkap
dan sangat bagus untuk pembelajaran anak-anak anda. Jangan lewatkan untuk
berkunjung ke sini ya karena tiket masuknya gratis kok.
4. Museum Wayang dan Artefak Sanggaluri Park
Menyeberang
dari Museum Uang, akan anda temukan Museum Wayang dan Artefak, persis ada di
sebelah Taman Sesat.Seperti namanya, Museum ini memiliki koleksi berbagai jenis
wayang dengan berbagai tokoh, dan juga berbagai jenis artefak kuno.
5. Taman Sesat
Sesat merupakan
wahana wisata berupa labirin dari "tanaman tetean" dengan tinggi
sekitar 1 meter. Tanaman tetean adalah adalah tanaman yang biasa dijadikan
sebagai pagar hidup atau pembatas pekarangan milik satu orang dengan yang lainnya,
atau pagar di depan rumah.Saat memasuki labirin ini, mungkin banyak juga yang
tersesat dan tidak bisa keluar mengingat labirin ini memang dibuat untuk
memusingkan pengunjung untuk menemukan jalar keluar saat ingin keluar.
6. Taman Batu
Sanggaluri
Park yang cukup luas, anda dapat beristirahat di Taman Batu. Di taman batu ini
disediakan batu-batu yang memang khusus disediakan untuk istirahat para
pengunjung.
7. Labirin Kaca
Dibuat seperti
rumah kaca yang ada di Dufan, pengunjung dapat merasakan sensasi masuk ke
labirin kaca cermin untuk meneukan jalar keluar dari labirin kaca ini.
8. Taman Burung
Berbagai
koleksi burung cantik ada di Taman Burung Sanggaluri Park. Ajaklah anak-anak
anda ke Taman Burung ini untuk lebih mengenal binatang di sekitar anda.
9. Rumah Gempa
Ingin
merasakan rasanya gempa bumi? Silakan berkunjung ke Rumah Gempa yang ada di Sanggaluri
Park Purbalingga. Ruma Gempa ini juga mirip dengan Rumah Gempa yang ada di
Taman Pintar Jogjakarta.
10. Pijit Ikan Khusus Kaki
Sama seperti
pijat ikan yang ada di Purbasari Pancuran Mas, di Sanggaluri Park juga ada
sebuah kolam ikan yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk merasakan nikmatnya
pijat ikan khusus kaki. Lokasinya dekat dengan lokasi Flying Fox.
11. Ka'bah (Miniatur
Haji)
Jika anda
ingin melihat miniatur Ka'bah dan juga manasik haji, bisa anda jumpai di Sanggaluri
Park Purbalingga. Di tempat latihan manasik haji ini anda akan menemukan gambaran
pelaksanaan ibadah haji dengan jelas.
Miniatur Haji ini digunakan sebagai tempat pelatihan manasik haji bagi yang ingin mengikuti pelatihan manasik haji. Semua kalangan dari berbagai umur dapat mengikuti pelatihan manasik haji ini. Benar-benar merupakan tempat wisata edukatif kan Sanggaluri Park ini.Fasilitas-fasilitas Sanggaluri Park Lainnya untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya, di Sanggaluri Park ini disediakan juga Gazebo-gazebo untuk istrirahat para pengunjung.Bagi pengunjung yang beragama islam, disediakan mushola juga dilengkapi dengan toilet gratis. Selain itu, kantin-kantin siap melayani pengunjung yang belum sempat makan, atau mungkin kehausan dan kelaparan.Lahan parkir disediakan cukup luas dengan tarif parkir yang masih wajar.
Miniatur Haji ini digunakan sebagai tempat pelatihan manasik haji bagi yang ingin mengikuti pelatihan manasik haji. Semua kalangan dari berbagai umur dapat mengikuti pelatihan manasik haji ini. Benar-benar merupakan tempat wisata edukatif kan Sanggaluri Park ini.Fasilitas-fasilitas Sanggaluri Park Lainnya untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya, di Sanggaluri Park ini disediakan juga Gazebo-gazebo untuk istrirahat para pengunjung.Bagi pengunjung yang beragama islam, disediakan mushola juga dilengkapi dengan toilet gratis. Selain itu, kantin-kantin siap melayani pengunjung yang belum sempat makan, atau mungkin kehausan dan kelaparan.Lahan parkir disediakan cukup luas dengan tarif parkir yang masih wajar.
D.
Owabong
Wahana Obyek Wisata Air Bojongsari
Obyek wisata air Bojongsari atau
lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang
memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan
wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari
kecamatan Bojongsari
Kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah.
Sejarah Singkat
Berawal dari sebuah kolam renang pribadi yang
dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946, kemudian
diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004
dibeli oleh PEMDA kabupaten Purbalingga yang akhirnya membangunnya sebagai
sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 Ha dari sebelumnya yang
hanya 1 Ha saja hingga selesai dan diresmikan pada 1 Maret 2005.
Wahana Permainan
1. Kolam Olympic
Kolam Olympic Kolam olympic merupakan kolam renang berstandar internasional dengan ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.
Kolam Olympic Kolam olympic merupakan kolam renang berstandar internasional dengan ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.
2. Papan luncur, WaterBoom
Ada dua pilihan waterboom, jika anda tidak takut ketinggian silahkan gunakan prosotan yang tinggi. Jika anda gak berani yang tinggi, owabong juga menyediakan water boom yang sedang-sedang saja. Pacu andrenalin Anda dengan menaiki spiral Waterslide dan Torpedo Waterslide dengan ketinggian 13 meter.
Ada dua pilihan waterboom, jika anda tidak takut ketinggian silahkan gunakan prosotan yang tinggi. Jika anda gak berani yang tinggi, owabong juga menyediakan water boom yang sedang-sedang saja. Pacu andrenalin Anda dengan menaiki spiral Waterslide dan Torpedo Waterslide dengan ketinggian 13 meter.
3. Flying Fox
Pacu adrenalin Anda dengan terbang melintasi pantai bebas tsunami. Jangan takut, jika ini pertama kali bagi anda, 2 orang petugas sudah siap membantu anda di kolam bebas tsunami. Alat keselamatan juga wajib dipakai sebelum anda memulai permainan ini. Safety First!
Pacu adrenalin Anda dengan terbang melintasi pantai bebas tsunami. Jangan takut, jika ini pertama kali bagi anda, 2 orang petugas sudah siap membantu anda di kolam bebas tsunami. Alat keselamatan juga wajib dipakai sebelum anda memulai permainan ini. Safety First!
4. Kolam sesat
Kolam yang berisi air yang dingin ini merupakan kolam untuk bermain jungkat-jungkit air (Sea Saw) dan Water Ball. Sebuah balon besar akan disediakan dengan suplai udara yang cukup. Pengunjung yang tertarik bisa masuk ke dalam balon besar itu dan menikmati sensasinya. Ada lagi yang namanya sea saw, ajak teman-teman lainnya dan bisa saling menjungkat-jangkit sebuah karet besar dan panjang, kaya perahu karet. Pokoknya asyik!
Kolam yang berisi air yang dingin ini merupakan kolam untuk bermain jungkat-jungkit air (Sea Saw) dan Water Ball. Sebuah balon besar akan disediakan dengan suplai udara yang cukup. Pengunjung yang tertarik bisa masuk ke dalam balon besar itu dan menikmati sensasinya. Ada lagi yang namanya sea saw, ajak teman-teman lainnya dan bisa saling menjungkat-jangkit sebuah karet besar dan panjang, kaya perahu karet. Pokoknya asyik!
5. Pantai Bebas Tsunami
Ya ini nama yang fenomenal. Semua orang Indonesia pasti dah kenal dengan istilah Tsunami. Maka dari itu owabong juga mengenalkannya disini, pantai bebas tsunami. Ya sekedar kolam luas dengan limpahan air yang sangat sejuk dan dingin. Di hari minggu atau hari-hari libur nasional, rasakan meriahnya acara bagi-bagi hadiah dari pengelola owabong. Seorang petugas owabong akan menggantungkan dirinya di kabel flying fox sambil membawa berbagai macam hadiah. Pada jam tertentu, pengunjung owabong akan diminta berkumpul di kolam bebas tsunami. Petugas yang sudah bersiap di kabel flying fox akan melemparkan hadiah ke kolam. Dan pengunjung yang jumlahnya ratusan pun akan berteriak dan saling berebut menangkap hadiah. Siapa cepat menangkapnya, dialah yang beruntung. Siap-siaplah berbasah-basah dan dapatkan kesempatan menangkap hadiah menarik dari pengelola owabong!
Ya ini nama yang fenomenal. Semua orang Indonesia pasti dah kenal dengan istilah Tsunami. Maka dari itu owabong juga mengenalkannya disini, pantai bebas tsunami. Ya sekedar kolam luas dengan limpahan air yang sangat sejuk dan dingin. Di hari minggu atau hari-hari libur nasional, rasakan meriahnya acara bagi-bagi hadiah dari pengelola owabong. Seorang petugas owabong akan menggantungkan dirinya di kabel flying fox sambil membawa berbagai macam hadiah. Pada jam tertentu, pengunjung owabong akan diminta berkumpul di kolam bebas tsunami. Petugas yang sudah bersiap di kabel flying fox akan melemparkan hadiah ke kolam. Dan pengunjung yang jumlahnya ratusan pun akan berteriak dan saling berebut menangkap hadiah. Siapa cepat menangkapnya, dialah yang beruntung. Siap-siaplah berbasah-basah dan dapatkan kesempatan menangkap hadiah menarik dari pengelola owabong!
6. Kolam Pesta Ai
Ternyata pesta nggak mesti di hotel, gedung atau kebun. Pesta itu bisa juga di air lho! Wahana ini disebut juga dengan Istana air. Sebuah wahana air yang dipadukan dengan arena bermain anak-anak, hujan-hujanan, luncuran, dan dapat dipakai untuk terapi air.
Ternyata pesta nggak mesti di hotel, gedung atau kebun. Pesta itu bisa juga di air lho! Wahana ini disebut juga dengan Istana air. Sebuah wahana air yang dipadukan dengan arena bermain anak-anak, hujan-hujanan, luncuran, dan dapat dipakai untuk terapi air.
7. Kolam Akhir
Kolam ini merupakan kolam yang diatasnya ada ember tumpah. Kolam ini juga dilengkapi dengan Trampolin dan Big Pillow (Bantal Besar). Anda bisa melompat dari ketinggian dan menjatuhkan diri anda ke sebuah bantal berukuran besar. Jika anda tidak beruntung maka anda akan jatuh ke air. Tapi asyik kok, paling-paling basah kuyub. Asyiik!
Kolam ini merupakan kolam yang diatasnya ada ember tumpah. Kolam ini juga dilengkapi dengan Trampolin dan Big Pillow (Bantal Besar). Anda bisa melompat dari ketinggian dan menjatuhkan diri anda ke sebuah bantal berukuran besar. Jika anda tidak beruntung maka anda akan jatuh ke air. Tapi asyik kok, paling-paling basah kuyub. Asyiik!
8.
Kolam Renang Dangkal
Kolam
Renang Dangkal Bagi anak-anak yang suka berenang, bisa menikmati kolam ini.
Kalau yang dewasa bisa menikmati renangnya di kolam olympic
9. Kanal Arus
Nikmati dunia petualangan air dengan berpetualang melintasi kanal arus sepanjang 200 meter. Wahana ini merupakan wahana yang sangat menarik. Anda akan berkeliling di kanal ini menggunakan Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung. Ajak semua anggota keluarga anda dan bermain bersama
Nikmati dunia petualangan air dengan berpetualang melintasi kanal arus sepanjang 200 meter. Wahana ini merupakan wahana yang sangat menarik. Anda akan berkeliling di kanal ini menggunakan Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung. Ajak semua anggota keluarga anda dan bermain bersama
10. Kolam Terapi Ikan
Jika anda sudah membayar saat masuk pintu utama owabong, maka anda harus membayar lagi sebesar 15 ribu rupiah per orang untuk bisa menikmati terapi ikan ala fish spa. Spesies ikan yang hidup di Turki, Irak, Iran dan Syria dan bisa hidup dengan suhu 43 derajat celcius, konon bisa mengobati penyakit kulit. Jangan takut! Ikan-ikan ini tak akan membuat kaki, tangan atau badan anda berdarah-darah. Ikan-ikan ini tak akan menggigit. Tapi siap-siap aja anda merasakan Gelinya jilatan ikan-ikan
Jika anda sudah membayar saat masuk pintu utama owabong, maka anda harus membayar lagi sebesar 15 ribu rupiah per orang untuk bisa menikmati terapi ikan ala fish spa. Spesies ikan yang hidup di Turki, Irak, Iran dan Syria dan bisa hidup dengan suhu 43 derajat celcius, konon bisa mengobati penyakit kulit. Jangan takut! Ikan-ikan ini tak akan membuat kaki, tangan atau badan anda berdarah-darah. Ikan-ikan ini tak akan menggigit. Tapi siap-siap aja anda merasakan Gelinya jilatan ikan-ikan
11. Arena Gokart
Permainan ini mungkin gak ada hubungannya dengan air. Tapi permainan ini bisa menjadi acara rehat sejenak sebelum melanjutkan ke wahana air selanjutnya. Cukup membayar 50 ribu rupiah, anda bisa memulai sebuah tantangan layaknya pembalap Formula-1
Permainan ini mungkin gak ada hubungannya dengan air. Tapi permainan ini bisa menjadi acara rehat sejenak sebelum melanjutkan ke wahana air selanjutnya. Cukup membayar 50 ribu rupiah, anda bisa memulai sebuah tantangan layaknya pembalap Formula-1
PENUTUP
A. Kesimpulan
Perjalanan ini memang sangat melelahkan namun dibalik itu
semua terdapat banyak pengalaman yang tidak akan kami lupakan. Dari penulisan
laporan ini penulis menyimpulkan bahwa objek-objek wisata di Indonesia beraneka
ragam, Sebagai warga Negara yang baik sudah sepatutnya kita menjaga alam agar
tetap lestari dan kunjungan wisatawan domestik maupun manca Negara dapat
meningkat hingga dapat meningkatkan devisa Negara.
B. Saran
Karya wisata ini sangat baik untuk dilaksanakan karena
memiliki manfaat cukup banyak oleh karena itu kegiatan ini sebaiknya terus
diadakan dengan mengunjungi tempat lain yang ada di Indonesia
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Baturaden palawi
Sanggaluri
park
Owabong
Java Heritage
Hotel Purwokerto
Langganan:
Postingan (Atom)
jangan pernah melalui jalan yang sama karena kamu tidak akan menemukan sesuatu yang baru Aziz Mukhroni
-
SISTEM KERJA SUSPENSI DIBENGKEL RAHMAT MOTOR RANDUDONGKAL LAPORAN Laporan Praktik Kerja Lapangan Ditulis dal...
-
PENERAPAN SISTEM REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR LAPORAN Laporan Praktik Kerja Lapangan Ditulis dalam Rangka Uji Kom...
-
Assalamualaikum.... Kali ini saya coba membuat Aplikasi Perhitungan Gaji Karyawan degan kriteria sebagai berikut : Setiap orang memil...