Kamis, 01 Februari 2018

LAPORAN PERJALANAN Baturaden Palawi,Java Heritage Hotel Purwokerto,Sangga Luri Dan Owabong






LAPORAN PERJALANAN
HOTEL VISIT AND TOUR







DISUSUN OLEH :
NAMA            : REZI KHAFID F.
KELAS           : X APH 2




SMK PARIWISATA LIBERTY PEMALANG
TAHUN AJARAN 2017/2018





KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjtkan kehadirat tuhan yang maha esa karena dengan rahmat dan karunianya  kami dapat menyelesaikan tugas tentang “ laporan perjalanan hotel visit dan tour” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya . dan kami erterimakasih kepada guru pembimbing kami yang telah member tugas ini kepada kami.
            Kami sangat berharap laporan ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai industri perhotelan. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam laporan ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
            Oleh karena itu, kami berharap adanya kritik,saran dan usulan demi perbaikanlaporan yang kamibuat dimasa yang akan datang , mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
            Semoga laporan sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dimasa depan.


Pemalang,  Januari 2018

Penulis








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.    Tujuan Penulisan
C.    Manfaat dan Laporan perjalanan
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    Waktu
B.    Tempat
BAB III PEMBAHASAN
A.    Baturaden Palawi
B.    Java Heritage Hotel Purwokerto
C.    Sangga Luri
D.    Owabong
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.    Saran
DAFTAR PUSTAKA
                                              



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
            Kegiatan  study tour yang telah dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan disekolah SMK Pariwisata Liberty Pemalang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan seluruh siswa-siswi sekolah, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal-hal untuk menambah pengetahuan siswa dan menambah pengalaman.
            Kegiatan perjalan tahun ini dilaksanakan selama 1 hari  yaitu pada tanggal 13 Januari 2018.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun laporan kegiatan perjalanan wisata ini sebagai laporan tentang hal-hal yang telah didapat selama mengikuti tugas Bahasa Indonesia selain itu dengan laporan kegiatan wisata ini, penulis dapat membagikan pengalaman-pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

B.    Tujuan Laporan Perjalanan
Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini adalah :
1.     Melaporkan tempat-tempat yang telah dikunjungi
2.     Melaporkan hal-hal yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan ini
3.     Memenuhi tugas bahasa Indonesia

C.    Manfaat laporan perjalanan
1.     Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
2.     Mengenalkan siswa tempat yang dikunjungi
3.     Memberi  pengalaman





BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    WAKTU
Kegiatan ini dilaksanakan pada :
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 13 januari 2018-02-01
Jam                 : 08.00 – 19.30 WIB

B.    TEMPAT
Tempat yang dikunjungi adalah:
1.     Batu Raden Palawi
2.     Java Heritage Hotel Purwokerto
3.     Sangga Luri
4.     Owabong












BAB III
PEMBAHASAN
A.    Baturaden Palawi
Baturaden, salah satu daerah yang berada di Purwokerto menyimpan potensi alam yang sangat indah, letaknya yang berada di kaki Gunung Slamet menjadi sebuah kawasan yang memiliki keindahan alam yang mampu dijadikan daya tarik wisata. Nama Baturaden tentu saja memiliki cerita sejarah, konon dulu merupakan percintaan antara seorang abdi dengan seorang putri adipati, karena kisah cintanya tidak direstui keduanya melarikan diri lalu menikah dan menetap disebuah desa, konon dari desa inilah kisah ini menjadi sebuah nama Baturaden yang diambil dari kata Batur yang artinya abdi dan keturunan Raden yang menunjukkan keturunan adipati.
Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya hati-hati karena jalan yang menanjak dengan kemiringan sekitar 30 derajat.
Baturraden adalah keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet. Lokasi wisata yang berjarak hanya sekitar 15 km dari kota Purwokerto, Jawa Tengah ini, tak hanya menyimpan panorama alam yang molek, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia.
Selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan hotel dan aneka penginapan yang memadai. Di samping, bagi pecinta alam terbuka disediakan camping ground yang nyaman dan aman. Dan tanpa perlu khawatir akan kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang menjajakan sate kelinci.


Lokasi wisata

Air terjun di dalam Lokawisata Baturaden
a.     Pancuran Pitu Baturraden
Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah atas Pancuran Telu.
b.     Pancuran Telu
Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah bawah Pancuran Pitu.
c.      Bumi Perkemahan
Merupakan camping ground yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond. Pernah digunkan sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.
d.     Kaloka Widya Mandala
Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden atau Wisata Pendidikan Wanasuka Baturraden merupakan kebun binatang sekaligus sebagai tempat wisata edukasi yang diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995. Tempat ini pernah mendapatkan prestasi sebagai Visit Indonesia Dekade 1991-2000 dalam Penobatan Anugerah Wisata Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Semarang pada tanggal 23 Agustus 1996.
Di Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden terdapat berbagai macam binatang yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri seperti dari Australia, Asia dan Belanda. Koleksinya meliputi: Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga, Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Kate, Ayam Mutiara, Orang Utan, Elang Bondol, Rusa. Di tempat ini juga terdapat Museum Satwa Langka, seperti: Harimau Sumatera, Beruang Madu, dan Macan Dahan.
    1. Pemandian Air Panas
    2. Curug Ceheng
    3. Wahana Wista Lembah Combong
    4. Combong Valley Paint Ball and War Games
    5. Telaga Sunyi
Dari Baturaden, Anda dapat melihat pemandangan Kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, juga beberapa pantai indah di daerah Cilacap. Baturaden sendiri memiliki banyak objek wisata yang menarik dikunjungi seperti Taman Bitanin yang memiliki beragam tanaman dan bunga langka, di antaranya bunga havana, daun dewa, antarium lipstick, palem paris, dan widoro laut yang tak hanya dipamerkan, juga dijual sebagai souvenir.
Kemudian juga ada Curug Gede, sebuah air terjun cantik di Desa Ketenger yang terletak 3 km dari pusat Baturaden. Tidak jauh dari situ juga ada sebuah pemandian air panas, Pancuran Pitu yang bersuhu sekira 60 hingga 70 derajat Celsius.Selain pemandian air panas, Baturaden juga memiliki pemandian yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit, yaitu Pancuran Telu. Baturaden pun memiliki kolam sumber air murni, Telaga Sunyi.
Baturaden ternyata turut dibuka untuk lokasi perkemahan. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di Baturaden, Anda dapat mendirikan tenda di Wana Wisata, sebuah hutan hijau yang berjarak 2 km dari Baturaden dan sangat pas untuk berkemah bersama keluarga.
Wisata keluarga di Baturaden akan bertambah menyenangkan apabila berkunjung ke Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang dan museum yang menyimpan kerangka-kerangka fauna khas Indonesia.Tidak hanya wisata alam, Baturaden juga menyediakan beragam wisata kebudayaan seperti grebeg syura yang diadakan setiap bulan pertama dalam kalender tahun Islam, pertunjukan musik calung, dan tari tradisional lengger, pertunjukan bernuansa mistis yakni kuda lumping, serta sadranan sebagai upacara mengunjungi situs suci, biasanya kuburan yang juga disebut kenduren oleh masyarakat sekitar.
Salah satu kawasan wisata outbond yang menarik dan wajib untuk dikunjungi adalah di Wana Wisata Palawi, Baturaden . Kita dapat menikmati hamparan keindahan pohon-pohon besar yang hijau, udara yang sejuk ketika pertama masuk ke kawasan tersebut. Sungguh keindahan yang membuat mata saya tidak berkedip menikmati setiap hembusan udara serta pemandangan yang indah. Untuk tarif masuk kita dikenakan biaya Rp.20.000 belum termasuk parkir.Di Palawi banyak berbagai macam wana wisata seperti : Camping Ground, Jungle Trekking, Flying Fox, Outbond, Tubbing, Curug, Kebun Bibit Tanaman, serta beberapa spesies kebun binatang mini.
Sungguh indah bukan wisata di Palawi, kita dapat melihat berbagai macam obyek wisata yang menarik perhatian kita. Namun, tidak hanya keindahan tersebut yang dapat kita nikmati karena di Palawi, Baturaden kita juga dapat melakukan kegiatan Outbond. Kegiatan outbond menjadi sarana bagi kita untuk dapat mengasah kekompakan dan kerjasama kepada teman atau rekan kita. Di Palawi seringkali menjadi sarana bagi sebuah kantor/instansi, akademi/sekolah untuk berkegiatan outbond, disamping memiliki alam yang indah namun juga adanya instruktur yang mampu memberikan motivasi, pelatihan dan semangat dalam setiap kegiatan outbond yang dilaksanakan.

B.    Java Heritage Hotel Purwokerto
Hotel Horison Ultima Purwokerto kini berganti nama menjadi Java Heritage Purwokerto.Java-Heritage-editan General Manager Java Heritage Purwokerto, Hilman Jumena mengatakan, lahirnya Java Heritage diharap dapat menjadi ikon atau kebanggaan di area Purwokerto. Java Heritage ditunjang fasilitas hotel bintang empat plus. Ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. “Pelayanan yang kami sampaikan sudah pasti yang terbaik, semakin baik dengan brand yang baru,” katanya. Bersamaan perubahan nama tersebut, Java Heritage Purwokerto kini berada dibawah naungan PT Panorama Semesta Group. Hilman menuturkan, perbedaan yang mencolok Horison Ultima Purwokerto dengan Java Heritage Purwokerto, yakni pada sistem manajemennya. “Java Heritage hanya memanej satu hotel di Purwokerto, Ini sebagai brand lokal. “Sementara untuk Horison, mereka memanej beberapa hotel,” katanya. Java Heritage menyediakan beberapa tipe kamar istimewa, seperti deluxe, deluxe balcon, dan junior suite. Mereka juga tengah menyiapkan President Suite. Sementara itu, Executive Assistant Manager PT Panorama Semesta Group, Sani B Krisna menambahkan, perubahan nama tersebut sudah terdaftar, dan kami ada ijin dari HAKI. “Semuanya sudah legal, dan masyarakat juga dapat menyebutnya Heritage,” tuturnya.
Alamat: Jalan Doktor Angka no.71, Purwokerto, Indonesia, 53115, Pusat Kota, Purwokerto, Indonesia.Java Heritage Hotel Purwokerto adalah sebuah hotel mewah yang terletak di jantung distrik bisnis. hotel yang nyaman dan mempunyai pemandangan indah Gunung Slamet. Java Heritage Hotel memiliki 169 kamar, deluxes, Suites, Cottages, 16 Ruang Rapat, Grand Ballroom, dan Convention Center. Kami juga memiliki area parkir terbesar yang dilakukan hingga 250 mobil, kolam renang terbesar dan terbaik di Jawa Tengah dengan luas 96 meter. Hotel ini juga dikelilingi oleh pusat hiburan seperti Marcopolo Spa, Pusat Kebugaran, aerobik Studio, Bibir Karaoke, dan klub (Cheers! Never Ending Party). Sebagai salah satu dari 3 bintang Hotel di Purwokerto, kami menyediakan berbagai otentik gerai makanan dan minuman. Kami juga memiliki fooftop, yang dapat menjadi tempat yang sempurna untuk mendapatkan pemandangan kota. Fasilitas mewah yang dicampur dengan budaya Jawa akan menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan.
Akomodasi hanya berjarak 12 menit dari pantai. Terletak dijantung purwokerto, berselang 10 menit berkendara dari stasiun Purwokerto




















C.    Sangga Luri
            Sanggaluri park, sanggaluri berasal dari bahasa jawa yang berasal dari kata Sanggar = tempat, Luru = mencari dan ilmu = pengetahuan. Sanggaluri adalah suatu wahana wisata dan pembelajaran yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Desa Kutasari, kecamatan Kutasari, kabupaten Purbalingga. Lokasi yang ditempati merupakan bekas persawahan milik masyarakat. Tanah seluas 3,5 Ha diberikan secara bertahap oleh PEMDA untuk dikelola PD.OWABONG.
Pada awal perkembangan Sanggaluri park berdiri dengan nama Reptile and Insect park Purbalingga yang diresmikan pada tanggal 13 Agustus 2007, seiring dengan berjalanya waktu pada tahun 2008 dibangunlah suatu wahana Museum uang Purbalingga. Reptile fun park Purbalingga pun menambah 2 wahana baru pada akhir tahun 2009. Tempatnya wahana IPTEK pada bulan September 2009 dan museum wayang dan Artefak Purbalingga yang diresmikan pada bulan Desember 2009.Hingga pada awal tahun 2010 resmilah penggunaan nama Sanggaluri Park sebagai suatu wadah wahana dalam bidang pembelajaran.
Lokasi Purbalingga Sanggaluri Park terletak di jalan raya Kutasari Karang Banjar kurang lebih 7 km dari Purbalingga atau seperempat jam dari Purbalingga.

Wahana-wahana sanggaluri di antaranya adalah:             
1.     Taman Reptil dan Serangga
Wahana wisata ini adalah wahana tertua di Sanggaluri Park, karena wahana ini yang pertama kali dibangun pada saat tempat ini masih bernama Taman Reptil.Di Taman Reptil dan Serangga ini, sesuai dengan namanya, akan anda jumpai berbagai macam binatang reptil dan serangga.Binatang reptil yang ada di Sanggaluri Park di antaranya buaya, kadal, ular, dan berbagai jenis binatang reptil lainnya dengan berbagai jenis dan juga berbagai ukuran.Di Taman Reptil dan Serangga ini anda dapat berfoto dengan ular besar yang ada di sana, dengan ditemani pawangnya tentunya.Koleksi serangganya pun cukup banyak dan disusun begitu cantiknya. Ada berbagai jenis kupu-kupu, berbagai jenis kumbang, dan berbagai jenis serangga lainnya.
2.     Wahana Iptek
Wahana Iptek ini cukup menarik bagi para pelajar yang ingin membuktikan teori yang selama ini dipelajari di sekolah, terutama terkait dengan pelajaran Fisika.Wahana Iptek ini mirip sekali dengan keberadaan Taman Pintar Jogjakarta, hanya saja Wahana Iptek di Sanggaluri Park lebih kecil dan juga koleksi peralatannya tidak sebanyak Taman Pintar Jogjakarta. Di Wahana Iptek ini juga dipajang berbagai penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Purbalingga, baik tingkat Provinsi, Nasional, maupun penghargaan dari MURI dan Prestasi-prestasi Purbalingga lainnya, termasuk penghargaan Kota Adipura.
3.     Museum Uang
Untuk melihat koleksi uang dari dari berbagai zaman, anda tidak harus datang ke Museum BI di Kota Tua Jakarta. Di Purbalingga ini juga anda dapat melihat koleksi berbagai mata uang dari zaman Hindia Belanda, yaitu di Museum Uang Sanggaluri Park.Koleksi Uang di Museum Uang ini cukup lengkap dan sangat bagus untuk pembelajaran anak-anak anda. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini ya karena tiket masuknya gratis kok.
4.     Museum Wayang dan Artefak Sanggaluri Park
Menyeberang dari Museum Uang, akan anda temukan Museum Wayang dan Artefak, persis ada di sebelah Taman Sesat.Seperti namanya, Museum ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang dengan berbagai tokoh, dan juga berbagai jenis artefak kuno.
5.     Taman Sesat
 Sesat merupakan wahana wisata berupa labirin dari "tanaman tetean" dengan tinggi sekitar 1 meter. Tanaman tetean adalah adalah tanaman yang biasa dijadikan sebagai pagar hidup atau pembatas pekarangan milik satu orang dengan yang lainnya, atau pagar di depan rumah.Saat memasuki labirin ini, mungkin banyak juga yang tersesat dan tidak bisa keluar mengingat labirin ini memang dibuat untuk memusingkan pengunjung untuk menemukan jalar keluar saat ingin keluar.
6.     Taman Batu
Sanggaluri Park yang cukup luas, anda dapat beristirahat di Taman Batu. Di taman batu ini disediakan batu-batu yang memang khusus disediakan untuk istirahat para pengunjung.
7.     Labirin Kaca
Dibuat seperti rumah kaca yang ada di Dufan, pengunjung dapat merasakan sensasi masuk ke labirin kaca cermin untuk meneukan jalar keluar dari labirin kaca ini.

8.     Taman Burung
Berbagai koleksi burung cantik ada di Taman Burung Sanggaluri Park. Ajaklah anak-anak anda ke Taman Burung ini untuk lebih mengenal binatang di sekitar anda.
9.     Rumah Gempa
Ingin merasakan rasanya gempa bumi? Silakan berkunjung ke Rumah Gempa yang ada di Sanggaluri Park Purbalingga. Ruma Gempa ini juga mirip dengan Rumah Gempa yang ada di Taman Pintar Jogjakarta.
10.  Pijit Ikan Khusus Kaki
Sama seperti pijat ikan yang ada di Purbasari Pancuran Mas, di Sanggaluri Park juga ada sebuah kolam ikan yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk merasakan nikmatnya pijat ikan khusus kaki. Lokasinya dekat dengan lokasi Flying Fox.
11.  Ka'bah (Miniatur Haji)
Jika anda ingin melihat miniatur Ka'bah dan juga manasik haji, bisa anda jumpai di Sanggaluri Park Purbalingga. Di tempat latihan manasik haji ini anda akan menemukan gambaran pelaksanaan ibadah haji dengan jelas.
Miniatur Haji ini digunakan sebagai tempat pelatihan manasik haji bagi yang ingin mengikuti pelatihan manasik haji. Semua kalangan dari berbagai umur dapat mengikuti pelatihan manasik haji ini. Benar-benar merupakan tempat wisata edukatif kan Sanggaluri Park ini.Fasilitas-fasilitas Sanggaluri Park Lainnya untuk kelengkapan-kelengkapan lainnya, di Sanggaluri Park ini disediakan juga Gazebo-gazebo untuk istrirahat para pengunjung.Bagi pengunjung yang beragama islam, disediakan mushola juga dilengkapi dengan toilet gratis. Selain itu, kantin-kantin siap melayani pengunjung yang belum sempat makan, atau mungkin kehausan dan kelaparan.Lahan parkir disediakan cukup luas dengan tarif parkir yang masih wajar.








D.    Owabong
Wahana Obyek Wisata Air Bojongsari
Obyek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagai Owabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom dan wahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga provinsi Jawa Tengah.

Sejarah Singkat

Berawal dari sebuah kolam renang pribadi yang dibuat oleh warga negara Belanda yang dibangun pada tahun 1946, kemudian diambil alih seorang keturunan Tionghoa bernama Kwi Sing. Pada tahun 2004 dibeli oleh PEMDA kabupaten Purbalingga yang akhirnya membangunnya sebagai sebuah wahana wisata keluarga dan diperluas hingga 4,8 Ha dari sebelumnya yang hanya 1 Ha saja hingga selesai dan diresmikan pada 1 Maret 2005.

Wahana Permainan

1.      Kolam Olympic
      Kolam Olympic Kolam olympic merupakan kolam renang berstandar internasional dengan ukuran 21 x 50 meter, 8 lintasan dengan kedalaman minimal 120 cm dan maksimal 225 cm.
2.      Papan luncur, WaterBoom
      Ada dua pilihan waterboom, jika anda tidak takut ketinggian silahkan gunakan prosotan yang tinggi. Jika anda gak berani yang tinggi, owabong juga menyediakan water boom yang sedang-sedang saja. Pacu andrenalin Anda dengan menaiki spiral Waterslide dan Torpedo Waterslide dengan ketinggian 13 meter.
3.      Flying Fox
      Pacu adrenalin Anda dengan terbang melintasi pantai bebas tsunami. Jangan takut, jika ini pertama kali bagi anda, 2 orang petugas sudah siap membantu anda di kolam bebas tsunami. Alat keselamatan juga wajib dipakai sebelum anda memulai permainan ini. Safety First!
4.      Kolam sesat
      Kolam yang berisi air yang dingin ini merupakan kolam untuk bermain jungkat-jungkit air (Sea Saw) dan Water Ball. Sebuah balon besar akan disediakan dengan suplai udara yang cukup. Pengunjung yang tertarik bisa masuk ke dalam balon besar itu dan menikmati sensasinya. Ada lagi yang namanya sea saw, ajak teman-teman lainnya dan bisa saling menjungkat-jangkit sebuah karet besar dan panjang, kaya perahu karet. Pokoknya asyik!
5.      Pantai Bebas Tsunami
      Ya ini nama yang fenomenal. Semua orang Indonesia pasti dah kenal dengan istilah Tsunami. Maka dari itu owabong juga mengenalkannya disini, pantai bebas tsunami. Ya sekedar kolam luas dengan limpahan air yang sangat sejuk dan dingin. Di hari minggu atau hari-hari libur nasional, rasakan meriahnya acara bagi-bagi hadiah dari pengelola owabong. Seorang petugas owabong akan menggantungkan dirinya di kabel flying fox sambil membawa berbagai macam hadiah. Pada jam tertentu, pengunjung owabong akan diminta berkumpul di kolam bebas tsunami. Petugas yang sudah bersiap di kabel flying fox akan melemparkan hadiah ke kolam. Dan pengunjung yang jumlahnya ratusan pun akan berteriak dan saling berebut menangkap hadiah. Siapa cepat menangkapnya, dialah yang beruntung. Siap-siaplah berbasah-basah dan dapatkan kesempatan menangkap hadiah menarik dari pengelola owabong!
6.      Kolam Pesta Ai
      Ternyata pesta nggak mesti di hotel, gedung atau kebun. Pesta itu bisa juga di air lho! Wahana ini disebut juga dengan Istana air. Sebuah wahana air yang dipadukan dengan arena bermain anak-anak, hujan-hujanan, luncuran, dan dapat dipakai untuk terapi air.
7.      Kolam Akhir
      Kolam ini merupakan kolam yang diatasnya ada ember tumpah. Kolam ini juga dilengkapi dengan Trampolin dan Big Pillow (Bantal Besar). Anda bisa melompat dari ketinggian dan menjatuhkan diri anda ke sebuah bantal berukuran besar. Jika anda tidak beruntung maka anda akan jatuh ke air. Tapi asyik kok, paling-paling basah kuyub. Asyiik!
8.      Kolam Renang Dangkal
      Kolam Renang Dangkal Bagi anak-anak yang suka berenang, bisa menikmati kolam ini. Kalau yang dewasa bisa menikmati renangnya di kolam olympic
9.      Kanal Arus
      Nikmati dunia petualangan air dengan berpetualang melintasi kanal arus sepanjang 200 meter. Wahana ini merupakan wahana yang sangat menarik. Anda akan berkeliling di kanal ini menggunakan Perahu Kayak, Banana Boat, dan Pelampung. Ajak semua anggota keluarga anda dan bermain bersama
10.   Kolam Terapi Ikan
      Jika anda sudah membayar saat masuk pintu utama owabong, maka anda harus membayar lagi sebesar 15 ribu rupiah per orang untuk bisa menikmati terapi ikan ala fish spa. Spesies ikan yang hidup di Turki, Irak, Iran dan Syria dan bisa hidup dengan suhu 43 derajat celcius, konon bisa mengobati penyakit kulit. Jangan takut! Ikan-ikan ini tak akan membuat kaki, tangan atau badan anda berdarah-darah. Ikan-ikan ini tak akan menggigit. Tapi siap-siap aja anda merasakan Gelinya jilatan ikan-ikan
11.   Arena Gokart
      Permainan ini mungkin gak ada hubungannya dengan air. Tapi permainan ini bisa menjadi acara rehat sejenak sebelum melanjutkan ke wahana air selanjutnya. Cukup membayar 50 ribu rupiah, anda bisa memulai sebuah tantangan layaknya pembalap Formula-1























PENUTUP

A.    Kesimpulan
Perjalanan ini memang sangat melelahkan namun dibalik itu semua terdapat banyak pengalaman yang tidak akan kami lupakan. Dari penulisan laporan ini penulis menyimpulkan bahwa objek-objek wisata di Indonesia beraneka ragam, Sebagai warga Negara yang baik sudah sepatutnya kita menjaga alam agar tetap lestari dan kunjungan wisatawan domestik maupun manca Negara dapat meningkat hingga dapat meningkatkan devisa Negara.

B.    Saran
Karya wisata ini sangat baik untuk dilaksanakan karena memiliki manfaat cukup banyak oleh karena itu kegiatan ini sebaiknya terus diadakan dengan mengunjungi tempat lain yang ada di Indonesia






















DAFTAR PUSTAKA













LAMPIRAN
Baturaden palawi
Sanggaluri park

Owabong


Java Heritage Hotel Purwokerto




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

If it doesn't move, it doesn't meet *Aziz Mukhroni *